[SALAH] BAHLIL TERSERET KORUPSI TAMBANG DI KALIMANTAN UTARA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video juga tidak ditemukan pemberitaan terkait Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia terseret korupsi tambang di Kalimantan Utara.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1722434412.855591/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Politik terkini – BAHLIL TERSERET KORUP TAMBANG DI KALTARA ?‪@garispolitik1320‬

MENGEJUTKAN..!
BAHLIL DI SERET KPK?
KORUPSI TAMBANG DI ESDM DAN KALTARA

=======

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama Garis Politik membagikan sebuah video bernarasikan Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia terseret korupsi tambang di Kalimantan Utara. Video tersebut tayang pada 26 Juli 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan penyidik KPK merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu. Beberapa cuplikan yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari bisnis.com berjudul “Soal Peluang Panggil Bahlil di Kasus Gubernur Malut, Ini Kata KPK”.

Dalam artikel tersebut membahas tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memungkinkan untuk memanggil Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia sebagai saksi dalam kasus suap mantan Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba (AGK).

Dengan demikian, narasi yang disebarluaskan oleh channel youtube Garis Politik tersebut adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]]:
https://kabar24.bisnis.com/read/20240723/16/1784820/soal-peluang-panggil-bahlil-di-kasus-gubernur-malut-ini-kata-kpk