[PENIPUAN] Pidato Presiden Jokowi Mengenai Pembagian Uang 500 Juta di Tiktok

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya video tersebut adalah video ketika Jokowi menghadiri pelantikan 906 calon perwira remaja dilantik dan diambil sumpahnya, video telah dimanipulasi sehingga seolah-olah Presiden Jokowi berkata akan membagikan uang 50 juta.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/5XK9G (arsip)

===========

[NARASI]:SEMOGA DENGAN BANTUAN INI BISA MENSEJAHTERAKAN KELUARGA KALIAN YANH SEDANG KESULITΑΝ ΕΚΟΝΟΜΙ

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Tiktok yang memperlihatkan Presiden Jokowi sedang berpidato dan mengatakan jika dirinya akan membagikan uang 500 juta menjelang habis jabatan. Video ini diunggah oleh akun Tiktok bernama @jokowir.1ri, akun ini juga mencantumkan sebuah link Whatsapp di bagian deskripsi akun.

Saat dilakukan pencarian gambar melalui Yandex, ditemukan hasil jika video yang digunakan dalam Tiktok tersebut identik dengan yang ada di Youtube Kompas TV yang berjudul “Presiden Jokowi Pimpin Upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri 2024”.

Faktanya video tersebut adalah video ketika Jokowi menghadiri pelantikan 906 calon perwira remaja dilantik dan diambil sumpahnya, para calon perwira yang dilantik terdiri dari 417 Capaja Akademi Militer, 129 Capaja Akademi TNI Angkatan Laut, 113 Capaja Akademi TNI Angkatan Udara, dan 247 Capaja Akademi Kepolisian.

Dalam momen pelantikan tersebut tidak ada pernyataan dari Jokowi mengenai pemberian uang 500 juta seperti klaim video yang beredar di Tiktok tersebut, sehingga dapat dikatakan jika video tersebut adalah hasil manipulasi dan dapat dicurigai sebagai modus penipuan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=aBCG_mBSOXY