[SALAH] MK SERET SRI MULYANI AKIBAT LALAI DAN LANGGAR UUD 45

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya, judul dan isi video tidak berkaitan. Tidak ditemukan pemberitaan terkait MK seret Sri Mulyani akibat lalai dan langgar UUD 45. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://arsip.cekfakta.com/archive/1722003909.938276/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER PAGI INI..!!! MK SERET SRIMULYANI ATAS TERLIBAT PELANGGARNYA

BREAKING NEWS
SRIMULYANI TERLIBAT
PEMERINTAH LALAI DAN LANGGAR UUD 45

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama AKTUAL bernarasikan Mahkamah Konstitusi (MK) seret Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akibat lalai dan langgar UUD 45. Klaim tersebut diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan sosok Sri Mulyani di ruang persidangan. Video tersebut diunggah pada 26 Juli 2024.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan informasi yang mendukung klaim narasi yang beredar. Thumbnail yang menampilkan Sri Mulyani di ruang persidangan tersebut juga merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kompas.com berjudul “MK Panggil Kemenkeu dan Bappenas Bahas Gugatan SD-SMP Swasta Gratis”.

Artikel ini membahas tentang Mahkamah Konstitusi (MK) akan memanggil Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk membahas gugatan agar SD-SMP gratis untuk sekolah negeri maupun swasta.

Dengan demikian, narasi dengan klaim MK seret Sri Mulyani akibat lalai dan langgar UUD 45 tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.kompas.com/read/2024/07/23/16092471/mk-panggil-kemenkeu-dan-bappenas-bahas-gugatan-sd-smp-swasta-gratis