[SALAH] Video Pembacokan di Wawondula 27 Juli 2024

Hasil periksa fakta Rahmah.

Informasi keliru. Kejadian pembacokan terjadi di Kota Kendari bukan di Wawondula Kabupaten Luwu Timur.

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

===
SUMBER: Facebook
https://archive.is/CJH12

===
NARASI:
“Kejadian kemarin di wandula”

===
PENJELASAN:
Sebuah akun Facebook mengunggah video dan foto tentang seorang pria berbaju kuning menjadi korban pembacokan. Video yang berdurasi 12 detik tersebut memperlihatkan kejadian terjadi di pinggir jalan dan disaksikan warga setempat. Selain itu terdapat foto telapak tangan yang putus tergeletak di semak-semak Keterangan dalam postingan Facebook menyebut kejadian terjadi pada 27 Juli 2024 di Wawondula Kabupaten Luwu.

Faktanya informasi pembacokan yang terjadi di Wawondulu adalah keliru. Polres Luwu Timur mengklarifikasi kejadian tersebut tidak terjadi di Wawondulu, melainkan terjadi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Ketika dilakukan pencarian video ditemukan beberapa video. Salah satunya pada Tribunnews, dijelaskan kejadian tersebut tepatnya terjadi di Jalan Dr Soetomo, Kelurahan Tobuuha, Kecamatan Puuwatu di pagi hari 24 Juli 2024.

Pelaku diduga mengalami gangguan jiwa. Pelaku membacok sopir taksi online dengan parang hingga tewas. Warga kemudian mengamankan pelaku dan menyerahkannya ke Polresta Kendari. Dapat disimpulkan bahwa klaim video pembacokan terjadi di Wawondulu adalah salah dan dikategorikan sebagai konteks yang salah.

===
REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=XlE5Tp84GZY

https://video.tribunnews.com/view/743423/detik-detik-pembacokan-sopir-taksi-online-oleh-penumpang-di-kendari-tangan-korban-putus

https://www.detik.com/sulsel/hukum-dan-kriminal/d-7455880/detik-detik-mengerikan-pria-tewas-ditebas-bertubi-tubi-di-tepi-jalan-kendari