[PENIPUAN] Akun Tiruan Facebook “Haji Askolani” Muncul Menawarkan Donasi

Hasil periksa fakta Rahmah.

Askolani Jasi melalui akun Facebook pribadinya menegaskan bahwa akun yang beredar merupakan akun palsu.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===
SUMBER: Tangkapan Layar Facebook

===
NARASI:
“…ada pesan singkat yang harus kami sampaikan, pesan Amanah dari pihak keluarga besar dan juga rekan rekan yang lainnya maaf untuk waktunya sebentar semisalkan ada informasi mengenai pembangunan tempat ibadah/tempat pendidikan seperti gereja, Masjid, Musholla, Ponpes,rumah Tahfidz,TPA/TPQ Madrasah dan tempat ibadah lainnya mohon informasikan ke saya. Alhamdulillah ada sedikit rejeki dari saya, keluarga besar dan rekan-rekan donator yang lainnya, terima kasih dan mohon maaf sudah menggangu waktunya”

===
PENJELASAN:
Disadur dari akun Facebook milik Askolani Jasi.

Kembali muncul akun Facebook mengatasnamakan Haji Askolani mengirimkan pesan meminta informasi terkait pembangunan tempat ibadah ataupun lembaga pendidikan yang nantinya akan diberikan donasi. Foto profil Facebook tersebut memasang foto Askolani memakai pakaian dinas.

Faktanya akun Facebook tersebut bukan milik Askolani. Melalui akun Facebook pribadinya bernama Askolani Jasi mengunggah tangkapan layar akun tiruan tersebut dan menegaskan akun palsu. Akun Facebook milik Askolani www.facebook.com/askolani.jasi.5 memiliki lebih dari 8 ribu pengikut dan sering memposting kegiatannya.

Pada pilkada tahun ini, Askolani Jasi kembali menyalonkan diri sebagai calon Bupati Banyuasin. Askolani mengimbau kepada masyarakat jika mendapatkan pesan dari akun tiruan yang mengatasnamakan dirinya mohon segera direport. Dengan demikian akun Facebook Haji Askolani dikategorikan sebagai konten tiruan.

===
REFERENSI:
https://www.facebook.com/share/p/JuKtMC9EA5xAfiV1/?mibextid=qi2Omg

https://sumsel.tribunnews.com/2024/07/22/muncul-akun-facebook-palsu-atas-nama-askolani-bacabup-banyuasin-2024-meminta-sejumlah-uang