[PENIPUAN] Jokowi Bagikan Bantuan Melalui Nomor Whatsapp

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Unggahan tersebut tidaklah benar dan mengarah pada tindakan penipuan. Akun yang mengunggah video ini bukan resmi dari pemerintah Indonesia. Selain itu, video yang digunakan ditemukan di laman KompasTV dengan judul Pidato Jokowi Pada Sidang Umum PBB ke-75.

====
[KATEGORI] Konten Tiruan

====
[SUMBER] Instagram
https://arsip.cekfakta.com/archive/1722170923.856762/index.html

====
[NARASI]
Khusus Pembagian Bantuan Resmi Dari Saya Syarat Jangan Untuk Berfoya-foya
Hubungi Whatsapp di Bawah Ini Atau Klik Link Whatsapp Ada di Bio Profil Yang Mau Dibantu
tel:0887-4375-26125
Silahkan Anda Cek Bio

====
[PENJELASAN]
Beredar video yang memperlihatkan Jokowi yang membagikan bantuan dengan menghubungi nomor WA. Video ini diunggah oleh akun Instagram @sukseshermawan pada 26 Juli 2024.

Setelah dilakukan penelusuran ternyata video ini tidaklah benar. Video dan suara yang digunakan dalam unggahan tidak sesuai. Pemeriksa fakta mencoba menelusuri akun yang mengunggah video tersebut. Dalam akun @sukseshermawan semua postingan berupa konten Jokowi yang membagikan hadiah atau bantuan dengan menghubungi nomor WA di bio Instagram dan terlihat bukan milik pemerintah resmi Indonesia.

Selanjutnya, pemeriksa fakta mencoba mencari potongan video Jokowi yang digunakan dalam unggahan melalui Google Lens. Hasilnya, video tersebut ditemukan di laman Youtube KompasTV dengan judul Pidato Jokowi Pada Sidang Umum PBB ke-75 yang diunggah pada tahun 2020. Dilansir dari http://turnbackhoax.id, konten-konten seperti klaim di atas sudah lama beredar dan diindikasikan sebagai penipuan. Dengan demikian, unggahan tentang Jokowi membagikan bantuan di atas tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://m.youtube.com/watch?v=kIqqVGOWK_w