[SALAH] Pijat Refleksi Tangan untuk Menghilangkan Bau Mulut Penyebab Nafas Bau

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya beberapa sumber kredibel terkait kesehatan menyebut bahwa bau mulut disebabkan oleh beberapa kondisi di dalam mulut seperti kondisi kebersihan mulut, infeksi pada mulut, hingga kondisi penyakit. Dari beberapa sumber tersebut tidak menjelaskan cara mengatasi bau mulut dengan pijat tangan dan juga tidak menjelaskan juga hubungan antara kedua anggota tubuh tersebut. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://archive.ph/xbSZq

= = =

Narasi:

“nafas bau jika teman-teman mengalami masalah dengan nafas berbau tidak sedap  atau nafas bau titik refleksi yang harus dipijat yaitu di area telapak tangan dan titik refleksinya yaitu diantaranya ada di sebelah sini teman-teman silakan disimak yang membutuhkan video ini silakan disimak ya ini untuk mengatasi masalah napas bau tidak sedap ya Insya Allah setelah pemijatan ini napas bau tidak sedap berubah menjadi napas yang segar ya titik refleksinya yaitu di sini teman-teman ini titik yang pertamanya di sini usahakan di sini tekan dengan tekanan yang stabil pijat dengan rileks dengan santai dan jangan terlalu keras pijat ditekan lalu putar-putar seiring jarum jam 1-2 menit ya di sini ya teman-teman ya di sini pas di bawah jari manis di sini tekan dengan stabil saja teman-teman setelah dari sini kita turun ke bawah yaitu di sini kita tekan dengan santai dengan rileks lalu putar-putar seiring jarum 1.00 sampai dua menit ya di area sini setelah di sini selesai teman-teman boleh menuju ke area sini ke tengah sini lalu dengan cara tekan geser ke atas dengan pemutaran ke atas geser tekan lalu tarik ke atas ya dengan cara begini sampai kena ke sini ya dari tengah lalu kita tekan geser tarik ke atas tekan geser tarik ke atas lakukan ini 2-3 menit ya di area sini dengan cara begini ya lalu setelah di sini selesai kita turun ke sini ya tadi di sini sekarang di sini ya di samping sini kita tekan santai putar-putar seiring jarum jam di sini tekan hanya setengah menit saja ya hanya 30 detik usahakan di pijatan di sini dan di sini itu jangan terlalu keras yang penting ada rangsangan saja ya yang pertama tadi di sini teman-teman ingatkan pertama di sini lalu turun ke bawah lalu setelah itu kita ke tengah sini sambil tarik ke atas begini ya sambil tekanan yang stabil lalu setelah itu kita turun ke bawah ini titik refleksi untuk mengatasi nafas bau tidak sedap ya silakan dipraktekkan semoga tips ini bermanfaat ya teman-teman ya lakukan sehari dua kali pagi dan malam ya kalau sudah nafasnya sudah terbiasa dan nafasnya sudah bau sudah tidak berbau lagi usahakan pemijatan tetap dilakukan satu minggu sekali boleh satu minggu dua kali ya itu dipraktekkan di tangan kiri dan kanan ya teman-teman ya semoga video ini bermanfaat terima kasih yang sudah menonton salam sehat salam sembuh alamualaikum warahmatullah wabarakatuh”

= = =

Penjelasan:

Beredar video TikTok dari akun @akang.madu.berkah pada 2 Oktober 2023 yang membagikan informasi bahwa bau mulut dapat diatasi dengan pijat refleksi. Diperlihatkan juga dalam video, cara pijatnya dengan menekan beberapa titik selama 1-3 detik. Saat artikel ini dibuat video tersebut telah mendapatkan 175,2rb likes dan telah dibagikan 35,9rb kali.

Namun beberapa sumber kredibel terkait kesehatan seperti Alodokter.com serta laman resmi rumah sakit Mitra Keluarga dan Siloam Hospitals tidak menjelaskan terkait adanya hubungan antara bau mulut dan tangan. Dari ketiga referensi tersebut lebih menekankan bahwa bau mulut disebabkan beberapa kondisi kebersihan dan kesehatan pada mulut.

Dilansir dari Alodokter, bau mulut bisa disebabkan dari pola makan, kebersihan mulut yang tidak terjaga, mulut kering, kebiasaan merokok, hingga infeksi pada mulut seperti gigi berlubang, radang gusi, dan sariawan. Disebutkan juga kondisi kesehatan lainnya seperti sinusitis, pneumonia, GERD, flu, dan sakit tenggorokan juga dapat memengaruhi bau mulut.

Selain itu, laman resmi Mitra Keluarga dan Siloam Hospital menjelaskan bahwa bau mulut dapat diatasi dengan menjaga kebersihan mulut seperti sikat gigi dengan rutin, sikat lidah, menggunakan obat kumur, hingga rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali untuk dilakukan check up.

Dengan demikian, pijat refleksi tangan untuk menghilangkan bau mulut adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.alodokter.com/bau-mulut-halitosis

https://www.mitrakeluarga.com/artikel/penyebab-bau-mulut

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-menghilangkan-bau-mulut

= = =