[SALAH] Warna Tutup Botol Air dalam Kemasan Menandakan Jenis Airnya

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Klaim mengenai warna tutup botol dalam kemasan menandakan jenis air adalah tidak benar. Faktanya BPOM tidak menetapkan warna tutup botol berdasarkan kandungannya. Warna tersebut ditentukan oleh produsen 

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/YmZM1 (arsip)

===========

[NARASI]: “Arti tutup botol air mineral”

===========

[PENJELASAN]: 

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim warna tutup botol air dalam kemasan menandakan jenis air. Dalam video unggahan tersebut seorang pria mengklaim bahwa warna biru menandakan air kemasan berasal dari sumber air bawah tanah yang disuling. Warna tutup botol hijau menandakan air kemasan bersumber dari air bawah tanah yang mengandung mineral tinggi. Merah atau oranye menandakan air memiliki rasa tertentu atau branding tanpa alasan spesifik.

Faktanya, klaim tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com, Humas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Eka Rosmalasari menjelaskan, warna tutup botol tidak menandakan jenis air. Warna pada tutup botol pada air minum dalam kemasan ditentukan sendiri oleh produsen. BPOM tidak menetapkan penggunaan warna tutup botol berbeda terhadap air minum dalam kemasan berdasarkan kandungannya.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim warna tutup botol dalam kemasan menandakan jenis air adalah tidak benar. Faktanya BPOM tidak menetapkan warna tutup botol berdasarkan kandungannya. Warna tersebut ditentukan oleh produsen. 

===========

 [REFERENSI] :

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/25/194000782/-hoaks-warna-tutup-botol-air-dalam-kemasan-menandakan-jenis-airnya#:~:text=Humas%20Badan%20Pengawas%20Obat%20dan,25%2F7%2F2024).