[SALAH] Kapal Jerman Diserang Drone Pasukan Houthi di Pelabuhan Haifa Israel.

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya kapal yang terbakar tersebut adalah kapal kargo MSC Daniela yang berada di wilayah pesisir Sri Lanka, bukan merupakan kapal MSC Manzanillo yang diserang pasukan Houthi di pelabuhan Haifa, Israel.

===========

[KATEGORI]: Konteks yang salah

===========

[SUMBER]: Facebook https://arsip.cekfakta.com/archive/1721910209.496026/index.html (arsip)

===========

[NARASI]:

Rekaman kapal berbendera Portugal milik Jerman “MSC MANZANILLO” setelah terkena serangan drone Kamikaze Houthi di pelabuhan Haifa Israel.

===========

[PENJELASAN]:

Disadur dari AFP.

Houthi, kelompok pemberontak dari Yaman yang mendapat dukungan secara finansial oleh Iran, telah melancarkan sejumlah serangan drone dan rudal pada kapal kapal-kapal di Laut Merah dan Laut Arab sejak bulan November 2023. Mereka menyerang dengan beralasan hal itu adalah bentuk solidaritas mereka terhadap penduduk Palestina atas perang Israel-Hamas di Gaza.

Berkaitan dengan hal ini, muncul sebuah unggahan yang mengklaim jika Houthi baru saja melakukan serangan kepada kapal Jerman yang bernama MSC Manzanillo di pelabuhan Haifa Israel.

Akan tetapi berdasarkan dari pencarian yang dilakukan oleh AFP.com, ditemukan hasil jika gambar kapal yang sedang mengalami kebakaran tersebut bukan kapal kargo MSC Manzanillo, melainkan kapal MSC Daniela yang mengalami kebakaran di daerah pesisir Sri Lanka.

Video lengkap kebakaran kapal MSC Daniela yang berada di Sri Lanka tersebut dapat kita lihat di Youtube dengan judul video, “Navy renders assistance to douse fire on container vessel (English)” yang telah diunggah pada tahun 2017 lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.364U3Z7

https://www.bbc.com/indonesia/articles/cn043yzq3z5o

https://www.youtube.com/watch?v=MYjwGE7Ljgo