[SALAH] Video dengan Klaim Demo Mahasiswa di Jakarta 22 Juli 2024

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)


Faktanya bukan di Jakarta, video yang digunakan merupakan cuplikan aksi demonstrasi mahasiswa di Bangladesh pada 18 Juli 2024 menuntut kuota pekerjaan pemerintah di negara tersebut yang dianggap tidak memperhitungkan tingginya angka pengangguran kaum muda. Selengkapnya di bagian penjelasan.
—————————————————————

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
—————————————————————

NARASI:
Demo yang meluluhlantakkan Jakarta
Lengserkan Jokowi
Bila rakyat dikhianati, maka hukum rakyat yang akan berjalan
Tumbangkan Jokowi
SUMBER ARSIP: https://archive.md/eDKjS

—————————————————————

PENJELASAN:
Akun Tiktok dengan nama @/rizal.siregar mengunggah sebuah video cuplikan aksi demonstrasi massa yang diklaim merupakan aksi mahasiswa di Jakarta dalam memperingati 10 tahun kepemimpinan Jokowi.
Setelah dilakukan penelusuran menggunakan fitur pencarian manual di Tiktok, terdapat video serupa yang diunggah oleh akun dengan nama @/ferrytapan7. Pada unggahan tersebut tertulis keterangan lokasi, yakni di Bangladesh.

Diketahui pada 18 Juli lalu ribuan mahasiswa di Bangladesh menggelar aksi demonstrasi menuntut kuota pekerjaan pemerintah yang berlaku di negara tersebut mengingat angka pengangguran di kalangan kaum muda yang tinggi di Bangladesh. Demonstrasi tersebut kemudian berbuntut kericuhan dan mengakibatkan setidaknya 201 orang tewas.

Dengan demikian, klaim bahwa aksi demonstrasi dalam video terjadi di Jakarta, tidak benar.
—————————————————————

REFERENSI:


https://vt.tiktok.com/ZSYcd8PgW/
https://www.netralnews.com/korban-tewas-akibat-protes-mahasiswa-di-bangladesh-jadi-201-jiwa/M0ozblVkVnNtZTNhSzhCQi9sV1F2QT09
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7450787/mahasiswa-bangladesh-belakangan-demo-geruduk-pemerintah-apa-alasannya