[PENIPUAN] Promo Berhadiah Bagi Pengguna Bank BJB yang Sudah Terdaftar DIGI Mobile

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya akun yang menyebarkan informasi tersebut adalah akun palsu yang berpotensi digunakan untuk menipu nasabah Bank BJB. Tautan yang diberikan pada postingan tersebut tidak mengarah pada laman resmi Bank BJB, selain itu juga meminta data rahasia seperti nomor kartu ATM dan pin ATM yang dapat digunakan untuk meretas akun nasabah.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3xXQEiu

= = =

Narasi:

“AYO KLIK DAFTAR undian hadiah bank bjb

Bagi pengguna bank bjb berkesempatan khusus Yang Sudah Terdaftar DIGI MOBILE, Jangan Lewatkan Kesempatan Memenangkan Hadiah Utama & Berbagai Hadiah Menarik Lainnya Berikut Ini…! Grand Prize:

Unit Mobil Inova Zenix Hadiah Lainnya:

* 20 Unit Mobil Honda HRV

* 10 unit honda brio 200 motor beat street 2024 250 IPhone 15 Pro Max

°50 Kulkas LG Masih Banyak Hadiah Lainnya..

Ayo buruan cetak kupon anda sekarang juga!”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah postingan Facebook dari akun bernama “Promo Berhadiah BJBDigi” pada 22 Juli 2024 membagikan informasi bahwa Bank BJB membagikan hadiah bagi nasabah yang sudah terdaftar DIGI Mobile dengan cara mendaftar pada link yang terhubung pada postingan tersebut. Diketahui DIGI merupakan aplikasi mobile banking dari Bank BJB.

Setelah ditelusuri link tersebut tidak tertuju pada laman resmi Bank BJB, yakni bankbjb.co.id. Link yang diberikan tertuju pada laman yang berisi form yang meminta data-data rahasia seperti nomor kartu ATM, tanggal kadaluarsa ATM, hingga pin ATM. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa postingan tersebut merupakan penipuan.

Bank BJB melalui Instagramnya juga menghimbau agar masyarakat untuk selalu menjaga data pribadi seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat, username akun, kode OTP, nomor kartu debit/ATM, pin, password, dan nama ibu kandung agar tidak memberikan data tersebut kepada siapa pun terutama melalui laman yang tidak resmi yang dapat digunakan untuk meretas akun nasabah.

Dengan demikian, promo berhadiah bagi pengguna Bank BJB yang sudah terdaftar DIGI Mobile adalah tidak benar dengan kategori Konten Tiruan.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/bankbjb/p/C99DAswMovL/?img_index=3

https://web.facebook.com/bankbjb/posts/pfbid0teb7nRANoLGjEXy4Bj5E8vnncGchTaRqkN5yBfJNLJ2qYnTXv7mc5cLj4GzTJsgVl?_rdc=1&_rdr

= = =