[SALAH] Rebusan Alang-alang dan Setengah Jeruk Nipis Bisa Cegah dan Sembuhkan Gagal Ginjal

hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya ahli menyebut bahwa mengonsumsi ramuan herbal yang tidak jelas komposisinya justru akan berkontribusi dalam merusak ginjal. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3LwXz59

Arsip video: https://bit.ly/4cQKvDF

= = =

Narasi:

“URIN YG BERBUSA ADALAH SALAH SATU CIRI GINJAL SUDAH RUSAK & BERMASALAH. DENGAN RAMUAN INI AKAN SEMBUH DAN MENCEGAH TERJADI GAGAL GINJAL.”

“siapkan akar lalang 10-15 helai, jeruk nipis sebelah, rebus kedua ramuan dengan air satu gelas sampai mendidih. Rutinkan minum dua kali sehari.

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Liputan6.

Beredar video dalam postingan dari akun Facebook bernama Indra Indrawan pada 16 Juli 2024 yang memberikan informasi bahwa rutin mengonsumsi rebusan alang-alang dan setengah jeruk nipis sebanyak dua kali sehari dapat mencegah dan menyembuhkan gagal ginjal.

Namun melalui Liputan6.com, dr. RA Adaninggar Sp.PD, K-GH menyampaikan bahwa tidak ada obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal, untuk pencegahan dapat dilakukan dengan mengendalikan penyebab penyakit gagal ginjalnya. Ia juga menyebut bahwa ramuan yang tidak jelas komposisinya justru dapat berkontribusi memperburuk kondisi ginjal.

Gagal ginjal akut bisa disembuhkan dengan mengatasi penyebabnya, dan beberapa penyebab yang paling sering adalah dehidrasi, infeksi, dan keracunan zat tertentu. Dr. Adaninggar juga menjelaskan urin yang berbusa juga belum tentu sebagai ciri ginjal yang bermasalah, “Harus dipastikan dengan pemeriksaan kencing ada kebocoran protein atau enggak. Sebab kadang kencing bisa berbuih tapi normal aja,” ujar dr. Adaninggar.

Dengan demikian, rebusan alang-alang dan setengah jeruk nipis bisa cegah dan sembuhkan gagal ginjal adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5648159/cek-fakta-tidak-benar-rebusan-akar-ilalang-dan-jeruk-nipis-bisa-cegah-sembuhkan-gagal-ginjal?page=4

= = =