[PENIPUAN] Inul Daratista Bagi Hadiah Lewat Chat WhatsApp

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Inul Daratista tidak membagikan hadiah uang yang diumumkan melalui sosial media asli miliknya, akun Facebook tersebut adalah akun palsu yang dapat digunakan untuk menipu.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.ph/MjwHp

= = =

Narasi:

“Kirim pesan ke BUNDA INUL DARATISTA di WhatsApp. https://wa[dot]me/message/F27HMCHIMFJAO1

JUJUR YA :exclamation:️

Siapa yang belum dapat hadiah dari Bunda…

coba Absen ya Sebutkan dari kota/provinsi mana saja .. bunda akan kirim secepatnya .

Buruan yah hubungi WhatsApp bunda sekarang

Atau klik link WhatsApp bunda:point_down:

https://wa[dot]me/+6283160524104”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah postingan di Facebook dari akun bernama “Bunda Inul Daratista” pada 11 Juli 2024 yang menyebut bahwa Inul membagikan hadiah dengan mengirim pesan melalui WhatsApp. Dalam postingan tersebut juga menyematkan foto uang tunai sebesar Rp50juta dan gambar poster dengan desain yang menunjukkan Inul, logo Vizta, serta narasi “Giveaway Announcement”.

Namun setelah ditelusuri dengan mengunjungi akun Twitter dan Instagram Inul yang telah terverifikasi centang biru, tidak ditemukan pengumuman pembagian hadiah dengan mengirim pesan WhatsApp.

Pada bio Instagramnya Inul menyematkan juga laman Facebook aslinya, meskipun belum memiliki centang biru, tetapi akun tersebut berbeda dengan akun yang digunakan untuk membagikan hadiah. Sehingga dapat dipastikan bahwa akun Facebook yang membagikan hadiah dengan cara mengirim pesan melalui WhatsApp adalah akun palsu.

Terkait desain poster dengan narasi “Giveaway Announcement” yang menunjukkan Inul dan logo Vizta, ditemukan poster yang sama pada postingan Instagram resmi Vizta, @inulviztaofficial. Dalam postingan tersebut memang membagikan pengumuman giveaway uang tunai, namun para pemenang tidak diminta untuk mengirim pesan melalui WhatsApp, melainkan akan dihubungi langsung oleh pihak Vizta.

Dengan demikian, Inul Daratistas membagikan hadiah dengan mengirim pesan WhatsApp adalah tidak benar dengan kategori Konten Tiruan.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/inul.d

https://www.facebook.com/inuldaratista

https://www.instagram.com/p/C74AoP7NDVG

= = =