[SALAH] Daftar Merek Mobil yang Dilarang Memakai BBM Subsidi

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim soal daftar merek mobil yang dilarang menggunakan BBM bersubsidi mulai 17 Agustus adalah tidak benar. Sampai saat ini belum ada regulasi mengenai larangan menggunakan BBM bersubsidi pada merek mobil tertentu.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/o4Mbh (arsip)

===========

[NARASI]: “Mbah mobil sejuta umat dilarang minum lite lagi muehehehe”

===========

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Kompas.
Beredar unggahan di media sosial Facebook berisikan daftar merek mobil yang dilarang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai 17 Agustus 2024. Dalam unggahan tersebut ditulis ada 10 merek mobil yang dilarang memakai BBM subsidi.

Faktanya, klaim tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso membantah soal daftar merek mobil yang dilarang menggunakan BBM bersubsidi dan memastikan sampai saat ini belum ada regulasi soal pelarangan penggunaan BBM bersubsidi pada merek mobil tertentu.

Lebih lanjut, Ia mengingatkan kepada masyarakat bahwa BBM bersubsidi dari pemerintah diperuntukkan hanya bagi masyarakat yang kurang mampu. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim soal daftar merek mobil yang dilarang menggunakan BBM bersubsidi mulai 17 Agustus adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/24/153500782/hoaks-daftar-merek-mobil-yang-dilarang-pakai-bbm-bersubsidi