[SALAH] Hasil Rontgen Paru – Paru Menunjukkan Adanya Kecoa Dikarenakan Mesin Rontgen India

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, gambar rontgen tersebut merupakan hasil manipulasi dari gambar asli X-ray pada web wikipedia. 

=====    

KATEGORI: Satire

=====    

Sumber: Twitter
https://arsip.cekfakta.com/archive/1721748112.189579/index.html

=====    

Narasi   
Di Rumah Sakit India.
Hasil Rontgen Pasien
Menunjukkan
Ada Kecoa
Di Dalam Dadanya.
.
Berbekal Hasil Rontgen
Si Pasien Ke Singapura.
.
Dokter Singapura Bilang:
Tidak Ada Kecoa Di Dada Si Pasien.
Dipastikan,
Kecoa Kecil Itu Ada Di Mesin Rontgen 
Di Negara Asalnya, India.

:weary:
:weary:
:weary:
:weary:

=====   

Penjelasan:   
Akun twitter Agus Susanto IV telah memposting sebuah postingan mengenai hasil rontgen paru – paru yang menunjukkan adanya kecoa, hal tersebut dikarenakan adanya kecoa di mesin rontgen India. Postingan tersebut telah dilihat lebih dari 2 juta penonton di twitter. 

Setelah dilakukan penelusuran melalui google search image, diarahkan pada artikel berita asal india gujarat.factcrescendo.com. Dalam artikel tersebut ditemukan gambar serupa dengan postingan akun twitter Agus Susanto IV. 

Dilansir dalam gujarat.factcrescendo.com, gambar rontgen tersebut merupakan gambar hasil manipulasi dari situs web wikipedia yang berjudul “Chest radiograph”. Foto dalam postingan twitter tersebut menambahkan foto kecoa ke dalam hasil rontgen yang ada dalam web wikipedia tersebut. 

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut dengan memakai keyword “cockroach X-ray” telah ditemukan artikel yang serupa pada tahun 2018. Dilansir dalam khmertimeskh.com, foto yang diposting di postingan seorang pasien di Singapura dengan kecoa di dadanya seperti identik pada postingan di twitter adalah palsu. Foto tersebut telah diedit dengan bantuan photoshop dan diposting di media sosial untuk menyesatkan orang.

Foto serupa juga telah ditemukan pada artikel berita afp.com, dalam unggahan artikelnya pada tahun 2023, AFP menyebutkan bahwa foto tersebut merupakan hasil editan dari gambar X-ray yang ada pada web commons.m.wikimedia.org pada tahun 2017. Sehingga, dapat dipastikan bahwa foto dalam postingan twitter Agus Susanto tersebut merupakan hasil editan dan telah dimanipulasi. 

=====     

Referensi:    
https://gujarati.factcrescendo.com/fake-heart-x-ray-image-of-cockroach-goes-viral/
https://www.khmertimeskh.com/303631/ministry-lashes-out-over-cockroach-x-ray/
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33FT9U9