[SALAH] Video “Penampakan Kapal AS Bolong Dibom Houthi”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya penampakan kapal Dwigh D. Eisenhower milik Amerika Serikat yang terlihat bolong dalam foto tersebut merupakan hasil manipulasi. Selain itu, pada awal video yang memperlihatkan sebuah kapal terbakar merupakan video dari gim Arma 3. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: TikTok

https://arsip.cekfakta.com/archive/1719810768.061797/index.html#blank

Arsip video: https://bit.ly/3zLrbcr

= = =

Narasi:

“Penampakan Kapal AS Bolong Dibom Houthi”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari AFP.

Beredar sebuah video di TikTok yang menunjukkan sebuah kapal ditembak yang diklaim merupakan kapal induk milik Amerika Serikat, Dwigh D. Eisenhower, yang dilakukan oleh Houthi hingga terlihat kapal induk tersebut bolong.

Setelah ditelusuri oleh AFP, faktanya kapal Eisenhower yang terlihat bolong tersebut merupakan hasil manipulasi. Kapal asli menunjukkan citra satelit dari Google Earth menunjukkan kapal tersebut tidak bolong.

Selain itu, cuplikan yang menunjukkan sebuah kapal ditembak pada footage di awal video merupakan video dari gim Arma 3, bukan video sungguhan.

Sebelumnya Pemeriksa Fakta Mafindo juga telah membantah klaim serupa, dalam bantahan tersebut disebutkan bahwa pemerintah Amerika Serikat melalui VOA membantah adanya serangan terhadap kapal Eisenhower.

Dengan demikian, video yang menunjukkan penampakan kapal Eisenhower bolong karena diserang Houthi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34ZK8YM

= = =