[SALAH]: Hujan Muson di Arizona membuat ulat kaki seribu bermutasi

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Video berisi ulat kaki seribu yang bermutasi karena hujan muson di Arizona tidak benar, video tersebut adalah hasil manipulasi kecerdasan buatan.

=====

[KATEGORI]: Konten Palsu.

=====

[SUMBER]: https://perma.cc/2ZWK-42B4

=====

[NARASI]: Hujan Muson yang terjadi di Arizona membuat Arthropleura bermutasi sepanjang 2,4M

=====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah narasi di media sosial pada 27 Juni 2024 bahwa Hujan Muson yang terjadi di Arizona membuat ulat kaki seribu bermutasi sepanjang 2,4 meter.

Namun setelah dilakukan penelusuran, klaim tersebut tidaklah benar.

Faktanya, Artikel di Snopes membahas sebuah video viral yang mengklaim menampilkan lipan raksasa bernama “Arthropleura” yang berjalan di pantai. Artikel yang di publikasikan pada tanggal 9 Juli 2024 tersebut menjelaskan bahwa video ini adalah buatan AI dan merupakan hoaks.

Meskipun Arthropleura memang makhluk prasejarah besar yang hidup pada periode Karbon, namun sudah punah jutaan tahun yang lalu. Bukti fosil menunjukkan bahwa makhluk ini bisa mencapai panjang hingga 8,5 kaki (2,6 meter), tetapi tidak menyerupai lipan dalam video tersebut.

Jadi, meskipun Arthropleura adalah makhluk prasejarah yang nyata dan mengesankan, video yang dimaksud bukanlah representasi yang benar dan merupan karya seni digital yang diolah menggunakan fitur AI Runway Gen-3 Alpha.

Dengan demikian klaim mengenai Hujan Muson di Arizona membuat ulat kaki seribu bermutasi adalah tidak benar dengan kategori konten palsu.

=====

[REFERENSI]: https://www.snopes.com/fact-check/giant-centipede-arthropleura-video/