[SALAH] Bersihkan Gigi Kuning dan Karang Gigi dengan Pasta Gigi Dicampur Kopi, Garam, dan Jeruk Nipis

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya ahli gigi menyebut bahwa klaim tersebut tidak benar, campuran bahan tersebut justru akan menimbulkan kerusakan pada gigi. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3Wf0963

Arsip video: https://bit.ly/45YypFY

= = =

Narasi:

“Gigi kuning dan karang gigi bisa coba dengan cara ini. Pertama masukan odol ke dalam wadah kemudian masukan setengah sendok kopi, masukan sedikit garam, dan yang terakhir jangan lupa perasan jeruk nipis dicampur rata sampai menjadi seperti pasta setelah itu gunakan untuk menggosok gigi. Selamat mencoba.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar sebuah informasi di Facebook yang menyebut bahwa campuran pasta gigi dengan bubuk kopi, garam, dan perasan jeruk nipis dapat memutihkan gigi kuning dan menghilangkan karak gigi.

Namun Adianti, dokter gigi spesialis ortodonti di Griya DR Sony Jakarta Selatan, melalui Kompas.com menyebut bahwa klaim tersebut tidak benar. Dalam penjelasannya ia menyebut bahwa pasta gigi yang dicampurkan dengan tiga bahan tersebut justru akan merusak lapisan email pada gigi.

Ia menjelaskan bahwa kopi dan garam memiliki sifat abrasif, sedangkan jeruk memiliki keasaman yang tinggi yang mana gigi tidak kuat menerima asam tersebut. Sehingga secara logika campuran dari ketiga kandungan tersebut justru akan merusak gigi.

Adianti juga menyebut bahwa proses pemutihan gigi tidak secara instan dapat dilakukan dalam waktu 5 menit seperti yang dijelaskan dalam video. Sedangkan karang gigi yang biasanya mengeras perlu dilakukan penanganan oleh dokter gigi untuk menghilangkannya karena prosesnya cukup sulit.

Dengan demikian, bersihkan gigi kuning dan karang gigi dengan pasta gigi yang dicampur kopi, garam, dan jeruk nipis adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/04/120500082/-hoaks-cara-putihkan-gigi-dengan-campuran-pasta-gigi-kopi-garam-dan

= = =