[SALAH] Video Anies Akan Jadi Gamer Setelah Kekalahannya Dalam Pilpres

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, audio dalam video tersebut dibuat dengan teknologi AI, sedangkan klip asli video tersebut merupakan video saat Anies melakukan sambutan HUT NasDem pada 11 November 2022. 

=====    

KATEGORI: Satire

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/GJ8TQ

=====    

Narasi   
Mas Anies aja main HOK, masa kamu ngak?

=====   

Penjelasan:   
Akun facebook Kazuki telah memposting sebuah video mengenai pernyataan Anies Baswedan yang akan menjdi gamer setelah kekalahannya di Pilpres. Dalam video tersebut Anies juga memperkenalkan game Honor of Kings. 

Setelah dilakukan penelusuran dengan menggunakan pendeteksi AI Hive Moderation, audio dalam video tersebut terbukti memiliki kemiripan 99,1% telah dibuat menggunakan teknologi AI. 

Kemudian, dilakukan juga penelusuran menggunakan google search image. Cuplikan video tersebut mengarah pada laman Youtube Medcom id dengan judul “Pidato Anies di HUT NasDem : Hanya Jalan Mendaki Yang Mengantarkan ke Puncak – Puncak Baru” yang diunggah pada tanggal 11 November 2022. 

Dalam video asli, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya merasa terhormat saat diusung sebagai capres oleh Partai NasDem di Pilpres 2024. Anies menganggap langkah ini bagaikan pendakian sebuah gunung. Anies awalnya mengapresiasi langkah Ketum NasDem Surya Paloh karena lebih memilih langkah ‘mendaki’ dibandingkan ‘jalan datar’. Hal itu disampaikan Anies dalam sambutan di HUT ke-11 Partai NasDem di JCC Senayan, Jakarta Pusat 11 November 2022. Dalam video tersebut tidak ada perkataan Anies mengenai dirinya yang akan menjadi gamer saat kalah Pilpres. 

=====     

Referensi:    
https://news.detik.com/pemilu/d-6400497/dicapreskan-anies-anggap-nasdem-pilih-jalan-mendaki/amp
https://turnbackhoax.id/2024/07/05/salah-video-anies-baswedan-memutuskan-menjadi-gamers-setelah-kalah-pilpres/
https://hivemoderation.com/ai-generated-content-detection