[SALAH] Presiden Jokowi tegaskan bila kasus Vina tidak terpecahkan,, akan memecat polri cirebon!!

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Video pidato Jokowi pada unggahan TikTok tersebut bukan membahas mengenai kasus pembunuhan Vina Cirebon. Aslinya, video Jokowi tersebut membahas tentang pemerintah yang membuka kembali ekspor minyak goreng pada Mei 2023.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://ghostarchive.org/archive/m6mUt

[NARASI]
“Presiden Jokowi tegaskan bila kasus Vina tidak terpecahkan,, akan memecat polri cirebon!!”

[PENJELASAN]
Akun TikTok @fyprandomss, mengunggah video yang mengklaim Presiden Jokowi mengancam memecat Kapolri jika kasus pembunuhan Vina Cirebon tidak terpecahkan. Pada video itu, tampak dua footage video yaitu Jokowi menggunakan kemeja putih dan Tersangka Pegi Setiawan saat diwawancarai oleh wartawan. Faktanya, pidato Jokowi menggunakan kemeja putih tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan kasud pembunuhan Vina di Cirebon.

Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, Pidato Jokowi pada unggahan tersebut membahas tentang pemerintah yang membuka kembali ekspor minyak goreng pada Mei 2023. Video aslinya dapat dilihat ada kanal YouTube Tribunnews yang berjudul “Pernyataan Presiden Jokowi terkait Pembukaan Kembali Ekspor Minyak Goreng” pada Mei 2022 lalu. Saat itu Jokowi memerintahkan aparat untuk melakukan penyelidikan terhadap tindakan pelanggaran dan penyelewengan ekspor minyak goreng.

Dapat disimpulkan bahwa klaim video Jokowi pidato yabg mengancam Kapolri akan dipecat, jika kasus pembunuhan Vina Cirebon tidak tuntas adalah salah. Unggahan TikTok tersebut merupakan konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]
https://www.setneg.go.id/baca/index/pemerintah_kembali_buka_ekspor_minyak_goreng_mulai_23_mei_2022

https://www.youtube.com/live/si_8gjHk1IE?si=KBkFswJSIzUmDpjb