[SALAH] Foto Ribuan Jemaah Haji Meninggal Tahun 2024

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, foto tersebut merupakan foto jemaah yang meninggal dari adanya tragedi Mina pada September 2015. 

=====    

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/bSdCs

=====    

Narasi   
Innalillahiwainnailaihirojiun 
Lebih dari 1000 orang meninggal pada haji tahun2024. 

Laporan menunjukkan bahwa setengah dari jumlah ini adalah jemaah haji yang tidak terdaftar yang melakukan haji dalam panas ekstrem. Suhunya melebihi 50 derajat Celcius.

Semoga Allah memberikan mereka semua Jannah :palms_up_together:

=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Cek Fakta AFP.
Terdapat sebuah postingan dari akun facebook Fatmah Iriani mengenai tragedi cuaca panas ekstrem di Mekkah yang menyebabkan ribuan jamaah haji meninggal dunia. 

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan search image dari google foto tersebut mengarah kepada tragedi Mina September 2015. Foto tersebut juga telah menjadi beberapa thumbnail mengenai berita tragedi Mina seperti kanal berita makasar.tribunnews.com yang di posting pada September 2015.

Dilansir dalam afp.com, foto yang sama ditemukan pada akun instagram sebuah media asal Iran, yaitu Iranian Students’ News Agency, pada tanggal 26 September 2015, yang memberitakan mengenai tragedi Mina tersebut. Tragedi Mina merupakan sebuah tragedi jemaah haji terinjak-injak ketika sedang melakukan ritual terakhir dalam ibadah haji yaitu prosesi lempar jumrah di Mina pada bulan September 2015. Dalam tragedi tersebut, terdapat 2.400 orang terinjak-injak hingga tewas hanya dalam kurun waktu 10 menit.

Sehingga, foto dalam postingan tersebut bukan merupakan foto dari jemaah haji yang meninggal karena cuaca ekstrem, tetapi merupakan foto jenazah jemaah haji tahun 2015 akibat dari tragedi Mina. 

=====     

Referensi:    
https://en.isna.ir/news/94070401854/British-Hajj-tour-operator-Saudi-fault-for-closing-roads-ahead
https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34YU9J9
https://makassar.tribunnews.com/2015/09/25/jamaah-sulsel-dapat-kabar-28-petugas-di-mina-akan-dipancung-hari-ini