[PENIPUAN] Formulir Pendaftaran Hujan Rezeki BSI 

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, poster tersebut berasal dari program BSI pada tahun 2021, sedangkan tautan yang terdapat di unggahan Facebook juga mengarahkan ke situs yang berbahaya.

=====    

KATEGORI: Konten Tiruan

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/dLa3a

=====    

Narasi   
Yuk buruan khusus nasabah bank BSI yang terdaftar di mobile banking menangkan banyak hadiah

=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Pemeriksa Fakta Tirto.

Akun facebook nasabahbankbsigebyar memposting mengenai Hujan Rezeki BSI Mobile beserta dengan link pendaftarannya. 

Setelah dilakukan pemeriksaan dengan search image google, foto tersebut mengarah pada postingan dari instagram resmi BSI yaitu @banksyariahindonesia tahun 2021. Dalam poster dari akun resmi BSI tersebut juga terdapat keterangan penjelas di bagian bawah mengenai program dalam poster ini berlangsung antara 1 Agustus – 31 Desember 2021.

Tim pemeriksa fakta Tirto.id juga telah mencoba mengakses tautan yang ada di bagian akhir unggahan. Tautan ini mengarah ke situs web yang berbeda di mana berisikan untuk mencetak sebuah kupon. Kemudian ada beberapa data yang perlu diisi berkaitan dengan nama lengkap, nomor rekening, saldo aktif, dan nomor handphone. 

Kemudian tim pemeriksa fakta Tirto.id telah menelusuri latar belakang situs menggunakan pemindaian lewat perangkat URL Scan. Ternyata, URL Scan telah mengidentifikasi tautan tersebut mengarah ke halaman web yang dinilai berbahaya. Situs tersebut juga tidak terhubung langsung dengan situs BSI. Jika diperhatikan dengan cermat, nama yang tercantum di situs tersebut adalah BSL, bukan BSI.

=====     

Referensi:    
https://tirto.id/hoaks-formulir-pendaftaran-hujan-rezeki-bsi-mobile-gZ5M