[SALAH] Kabupaten Pangandaran Hancur Lebur Akibat Gempa Bumi

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Pangandaran hancur lebur akibat gempa dan membuat warga berhamburan adalah tidak benar. Faktanya narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Gempa Terkini 4,2 M (Magnitudo) Guncang Wilayah Kabupaten Pangandaran”, yang dirilis tanggal 9 Juni 2024 oleh Katadata Media Network. 

===========

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://arsip.cekfakta.com/archive/1718976956.640227/output.pdf   (arsip)

===========

[NARASI]: “Pangandaran Hancur Lebur! Warga Berhamburan Gempa Melahap Pangandaran Hari Ini 9 Juni 2024”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar video di Youtube berdurasi 2 menit 13 detik yang menyebutkan Pangandaran hancur lebur akibat gempa dan membuat warga berhamburan. Gempa tersebut disebutkan terjadi pada 9 Juni 2024. Pada Video tersebut memperlihatkan situasi getaran dan kerusakan  akibat gempa. Pada video tersebut juga terdapat narasi yang dibacakan narator. 

Namun, setelah disimak terdapat ketidaksesuaian antara isi narasi yang dibacakan oleh narator dengan judul video. Setelah dilakukan pencarian di Google ternyata narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Gempa Terkini 4,2 M (Magnitudo) Guncang Wilayah Kabupaten Pangandaran”, yang dirilis tanggal 9 Juni 2024 oleh Katadata Media Network. 

Artikel berita tersebut menyampaikan peristiwa Gempa magnitude (M) 4,2 melanda Kabupaten Pangandaran dengan pusat gempa berada di laut. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan dengan skala MMI pada wilayah Pangandaran dan Garut dengan skala II-III dan II-III. Skala MMI yang dirasakan adalah II yang artinya gempa tidak dirasakan atau dirasakan hanya oleh beberapa orang tetapi terekam oleh alat.

Pada isi narasi artikel tersebut tidak ditemukan narasi yang menyebutkan kondisi Pangandaran hancur lebur sebagaimana klaim pada judul video yang beredar. Sementara penjelasan yang disampaikan Pangandaran Saber Hoaks melalui Akun Resmi Instagramnya @pangandaransaberhoaks menyebutkan bahwa hasil pantauan langsung di lapangan, situasi dan kondisi Pangandaran masih kondusif.  

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa Pangandaran hancur lebur akibat gempa dan membuat warga berhamburan adalah tidak benar. 

===========

[REFERENSI] :

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/06/09/gempa-terkini-4-2-m-magnitudo-guncang-wilayah-kabupaten-pangandaran

https://www.instagram.com/p/C8JsYPOyBTo/?img_index=2