[SALAH] Menghindari Stroke Akibat Penyumbatan Pembuluh Darah dengan Menekan Jari Tengah Selama satu Menit

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya dokter spesialis jantung dan pembuluh darah menyebut bahwa menekan jari tidak ada kaitannya untuk mencegah penyakit penyumbatan pembuluh darah yang bisa menyebabkan stroke. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: YouTube

https://archive.cob.web.id/archive/1718338523.996406/index.html

= = =

Narasi:

“Waspadai ciri pemblh dar4h tersmbat dn ini solusinya#tipssehat #tipsehat #kesehatan #short #shorts”

Narasi dalam video:

“waspadai ciri-ciri pembuluh darah tersumbat kaki kesemutan kepala sering pusing leher tegang lemah dan nyeri dada cara mengatasi aliran darah yang tersumbat dengan menekan jari tengah selama 1 menit lakukan di tangan kanan dan kiri untuk menghindari terkena stroke dan penyumbatan pembuluh darah”

= = =

Penjelasan:

Bereda sebuah video di YouTube yang menyebut bahwa stroke akibat penyumbatan pembuluh darah dapat dicegah dengan menekan jari tengah selama 1 menit pada tangan kanan dan tangan kiri.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut tidak benar. Dilansir dari Tempo.co, dr. Sondang Jasmine Mustikasari, SpJP, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RSUD Dr HM Rabain Muara Enim, Sumatera Selatan, menyebut bahwa menekan jari menekan jari tidak ada kaitannya untuk mencegah penyakit penyumbatan pembuluh darah yang bisa menyebabkan stroke.

Penyumbatan pembuluh darah disebabkan oleh penumpukan plak kolesterol jahat di dinding pembuluh darah dan di berbagai organ tubuh. Saat penumpukan plak itu terjadi, gejala yang ditimbulkan dapat berupa nyeri kepala, tegang, hingga stroke. Saat mengenai pembuluh darah koroner gejala yang dirasakan ialah nyeri dada, dan terasa kesemutan dan nyeri ketika berjalan jika sudah terkena anggota gerak. Sehingga menekan jari tengah tidak akan mencegah terjadinya penyumbatan.

Perlu diketahui bahwa mencegah penyumbatan pembuluh darah seperti yang dilansir dari laman resmi RS Pondok Indah ialah dengan tidak merokok, rutin berolahraga, menerapkan pola makan sehat, dan mengonsumsi obat dengan resep dokter bagi beberapa orang yang memiliki keterbatasan fisik dan kemampuan metabolisme tubuh.

Dengan demikian, menekan jari tengah selama satu menit dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2941/keliru-video-berisi-klaim-pijat-jari-tangan-untuk-sembuhkan-stroke-dan-penyumbatan-pembuluh-darah

https://www.rspondokindah.co.id/id/news/kenali-bahaya-sumbatan-pada-pembuluh-darah

= = =