[SALAH] Bukti Rekaman CCTV Linda Terlibat Kasus Pembunuhan Vina

Hasil periksa fakta Raymondha

Faktanya gambar perempuan yang disebarkan di media sosial bukan Linda, melainkan Ghisca Debora Aritonang, tersangka penipuan tiket konser Coldplay di Jakarta. Selain itu, tautan yang disertakan dalam unggahan tidak menampilkan bukti rekaman CCTV, namun mengarah ke laman e-commerce.

=========== 

[KATEGORI]: Konten Palsu

=========== 

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/aTe5L (arsip) 

=========== 

[NARASI]: 

GEGER!! MOTIF CINTA SEGITIGA, BERUJUNG KEMATIAN VINA. BUKTI REKAMAN CCTV TERSEBAR. LINDA TERBUKTI IKUT BUNUH VINA, POLRI LANGSUNG BEKAP MALAM IN

=========== 

[PENJELASAN]: 

Disadur dari artikel Kompas. 

Beredar kabar seorang perempuan bernama Linda ditangkap terkait kasus pembunuhan Vina Dewi Arsita di Cirebon, Jawa Barat, pada 2016. Linda disebut-sebut sebagai teman Vina dan terbukti terlibat berdasarkan rekaman kamera pengawas atau CCTV.

Namun, berdasarkan hasil penelusuran Kompas gambar seorang perempuan memakai baju tahanan dan dikawal polisi tersebut identik dengan foto pada laman Rmol.id yang berjudul ā€œDitetapkan sebagai Tersangka Penipuan Tiket Konser Coldplay, Ghisca Raup Keuntungan Miliaran Rupiah”. 

Melansir dari artikel Rmol.id, sosok perempuan dalam foto adalah Ghisca Debora Aritonang, tersangka penipuan tiket konser Coldplay di Jakarta yang ditangkap Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Pusat, pada 2023. Sedangkan, tautan yang disertakan dalam unggahan tidak menampilkan bukti rekaman CCTV, melainkan justru mengarah ke laman platform e-commerce.

Dilansir Kompas TV, pada Senin 27 Mei 2024, Linda diperiksa di Mapolresta Cirebon sebagai saksi. Setelah lima jam diperiksa, Linda mengaku tidak mengenal 8 terpidana dan Pegi Setiawan, tersangka pembunuhan Vina yang ditangkap terakhir. Linda menyebutkan, pada hari Vina dibunuh, dirinya tidak berada di tempat kejadian perkara (TKP). Ia juga mengaku tak terlalu dekat dengan Vina. Selain itu, sejak enam bulan sebelum peristiwa pembunuhan, ia tidak lagi berkomunikasi dengan Vina.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika narasi soal bukti rekaman CCTV yang menunjukkan Linda terlibat kasus pembunuhan Vina adalah tidak benar. Gambar perempuan yang disebarkan di media sosial bukan Linda, melainkan Ghisca Debora Aritonang, tersangka penipuan tiket konser Coldplay di Jakarta. Selain itu, tautan yang disertakan dalam unggahan tidak menampilkan bukti rekaman CCTV, namun mengarah ke laman e-commerce.

=========== 

 [REFERENSI] : 

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/06/15/151600282/-hoaks-bukti-rekaman-cctv-linda-terlibat-kasus-pembunuhan-vina

https://rmol.id/read/2023/11/20/598036/ditetapkan-sebagai-tersangka-penipuan-tiket-konser-coldplay-ghisca-raup-keuntungan-miliaran-rupiah

https://www.kompas.tv/regional/510836/linda-semalam-diperiksa-polisi-dicecar-30-pertanyaan-ngaku-tak-dekat-dengan-vina-tidak-kenal-pegi?_ga=2.64743914.414345421.1718671026-1297248343.1711555465