[SALAH] Video Makam Nabi Adam

Hasil periksa fakta Agnes A.

Video bukan penampakan makam Nabi Adam, melainkan makam Nabi Imran di Salalah, Oman.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/ZF4U6 (Twitter/X)

=====

[NARASI]: “Ahhh…entahlah…
No comment lah…”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter/X @CImgtr mengunggah cuitan dengan melampirkan video yang disebut sebagai penampakan dari makam Nabi Adam. Dalam video yang terlampir, ditampilkan sebuah narasi “MASYA ALLAH Makan Nabi Adam As Semoga yang melihat video ini diberikan Rezeki yang melimpah. Aamiin”

Melansir artikel dari Liputan6, video tersebut sebelumnya juga tersebar di media sosial Facebook dengan narasi yang sama menyebutkan bahwa video tersebut merupakan penampakan makam Nabi Adam.

Dari hasil penelusuran menggunakan Google Lens, tangkapan layar video tersebut merujuk kepada salah satu foto yang bersumber dari laman beautifulsalalah.com.

Dalam laman tersebut tertulis keterangan foto: “The Inside View of the Tomb of Nabi Umran in Salalah”

Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia: “Tampak Dalam Makam Nabi Imran di Salalah Bagian Makam”

Laman beautifulsalalah.com menyebutkan makam Nabi Umran berada di sebelah Haffa House Hotel. Ini adalah salah satu hotel terkenal di Salalah.

Foto yang identik juga ditemukan pada artikel berjudul “This photo shows the tomb of Prophet Imran in Oman” yang dimuat situs factcheck.afp.com, pada 4 September 2020.

Artikel situs factcheck.afp.com juga menyertakan tayangan video Stasiun TV milik pemerintah Oman TV yang diunggah melalui akun YouTube resminya, pada tanggal 11 Agustus 2018. Diterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, judul video itu adalah: “Makam Nabi Imran | #Dari Salalah | Sabtu 11 Agustus 2018″.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5604459/cek-fakta-tidak-benar-video-ini-penampakan-makam-nabi-adam?page=3
– https://www.beautifulsalalah.com/nabi-umran-tomb/
– https://factcheck.afp.com/photo-shows-tomb-prophet-imran-oman