[SALAH] Rekaman Kepanikan Di dalam Pesawat Singapore Airlines Akibat Turbulensi

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, rekaman video tersebut merupakan rekaman dari pesawat maskapai Bulgaria ALK Airline yang mengalami turbulensi pada 16 Juni 2019. 

=====    

KATEGORI:  Konteks yang Salah

=====    

Sumber: Twitter 
https://ghostarchive.org/archive/P7xRc

=====    

Narasi   
Kepanikan di Dalam pesawat Singapore Airlines Mengalami Turbulensi

=====   

Penjelasan:   
Akun twitter PRowindo telah mengunggah rekaman yang diklaim bahwa rekaman tersebut merupakan rekaman dalam pesawat Singapore Airlines yang sedang mengalami turbulensi. Unggahan tersebut diunggah pada 21 Mei 2024. 

Setelah melakukan penelusuran dengan mencari kata kunci “Singapore Airlines Turbulence” ditemukan rekaman serupa pada salah satu artikel afp.com. Dilansir dalam afp.com, tim pemeriksa fakta mereka telah menemukan bahwa rekaman tersebut diposting di saluran YouTube Euronews yang berbasis di Prancis pada tanggal 18 Juni 2019 dengan judul “Turbulence captured on video by passenger on Kosovo-Switzerland flight.”

Tangkapan layar dalam video tersebut juga identik dengan salah satu artikel berita wiken.grid.id yang telah diunggah pada tanggal 22 Juni 2019. Dilansir dalam wiken.grid.id telah terjadi turbulensi hebat pesawat dari maskapai Bulgaria ALK Airline pada 16 Juni 2019. Pesawat tersebut sedang melakukan penerbangan dari Pristina ke Basel. Dalam peristiwa tersebut terdapat 10 korban cedera dan satu diantaranya merupakan kru pesawat yang sempat terlempar ke atap. 

=====     

Referensi:    
https://wiken.grid.id/amp/391762561/video-detik-detik-pesawat-bulgaria-alami-turbulensi-pramugari-terlempar-ke-langit-langit-kabin

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34TG2U6