[SALAH] Banjir di Turki

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut tidak sepenuhnya diambil dari peristiwa banjir di Turki.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konteks yang salah

Beredar sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @H4T14K4LN4L42, pada video tersebut menunjukan kondisi banjir bandang yang mengalir sangat deras hingga mobil dan kayu yang terbawa arus dengan mudah. Video tersebut diklaim terjadi di wilayah Turki .

NARASI:
Giliran Turky di hukum alam.

Sumber: Twitter https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/04/Turkey.pdf Arsip
===========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut tidak sepenuhnya diambil dari peristiwa banjir di Turki. Dengan menuliskan kata kunci “Banjir Turki 2024” tidak ditemukan unggahan artikel ataupun video yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Pencarian lebih lanjut dilakukan dengan menggunakan tools InVid. Ditemukan potongan video serupa di detik 00-25 yang merupakan peristiwa banjir yang melanda distrik Mentougou, Beijing, China, pada Juli 2023.

Selain itu, potongan video yang lain merupakan peristiwa banjir yang terjadi di wilayah Turki pada Agustus 2021. Menimpa warga wilayah Mar Negro, Turki, yang menyebabkan 70 orang meninggal dan 47 orang hilang.

Dengan demikian, klaim cuplikan video yang terjadi di Turki adalah tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://news.bjd.com.cn/2023/08/08/10523786.shtml
https://www.cnnbrasil.com.br/internacional/inundacoes-na-turquia-mortes-sobem-para-70-47-pessoas-estao-desaparecidas/
https://news.detik.com/internasional/d-6853212/banjir-landa-beijing-11-orang-tewas-27-hilang