[SALAH] Penampakan Suku Mante

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut hanyalah konten hiburan semata. Ciri fisik yang dimiliki suku Mante adalah mereka bertubuh kerdil, rambutnya terurai, dan memiliki tinggi badan sekitar satu meter.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten menyesatkan

Beredar sebuah postingan video oleh akun Twitter @ResiReborn yang menampilkan penampakan suku mante. Dalam video tersebut memperlihatkan suku Mante dengan kulit berwarna hitam dan seperti berambut gimbal nan tebal.

NARASI:
Suku Mante

Menurut cerita berada di daerah istimewa Aceh.
Merupakan percabangan dari homo sapiens atau jenis sendiri?

Sumber: Twitter https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/04/Suku-Mante.pdf Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, potongan video yang ditampilkan itu bukan merupakan suku Mante asli, melainkan hanya sebuah konten hiburan semata.

Video asli tersebut ditemukan dari akun YouTube “NR.PETUALANG” dan dibuat ulang oleh orang lain dalam bahasa asing dengan mengambil beberapa cuplikan yang ada pada akun YouTube tersebut. Pada tiap konten yang diunggah terkait suku Mante, dituliskan pula pada deskripsi bahwa konten itu hanyalah hiburan semata.

“HANYA KONTEN HIBURAN SEMATA SAUDARKU SEMOGA TERHIBUR”

Mengutip dari Wikipedia. Mengenal suku Mante, yaitu salah satu etnik terawal yang disebut-sebut dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh. Suku ini, bersama suku-suku asli lainnya seperti Lanun, Sakai, Jakun, Senoi, dan Semang, merupakan etnik-etnik pembentuk suku Aceh yang ada sekarang.

Ciri-ciri fisik yang dimiliki suku Mante adalah mereka bertubuh kerdil, rambutnya terurai, dan memiliki tinggi badan sekitar satu meter. Mereka beraktivitas sehari-hari dalam keadaan tidak memakai satupun baju atau bertelanjang. Itulah mengapa, ada beberapa orang yang menyebut Suku Mante sebagai manusia purba.

Sebelumnya, pada tahun 2017. Media KompasTV menayangkan dugaan akan keberadaan orang Mante yang tertangkap kamera komunitas motor trail di salah satu hutan di Aceh.

Dengan demikian, video tersebut bukan merupakan suku Mante asli, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Mante
https://www.idntimes.com/science/discovery/rihanna-bunga/fakta-menarik-suku-mante?page=all
https://www.youtube.com/watch?v=7MaXBA1Oxcw
https://www.youtube.com/watch?v=TKJYiiIm5-4