[SALAH] Bantuan logistik oleh kapal KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 ke Palestina hanya sampai Mesir

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, bantuan logistik kapal rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 telah dikirimkan melalui Mesir sebagai penyalur bantuan ke Gaza, Palestine dengan jalur pelabuhan El Arish, bukan hanya menetap di Mesir.

=====   

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====   

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/5qMEY

=====   

Narasi  
Ternyata kapal rumah sakit TNI kemenhan yg dilepas dengan seremony para artis dan in flu encer itu yg digembar gembor untuk gaza palestina, cuma sampe mesir dan sudah akan balik lg ke indo, mirisnya itu cuma dipake buat pencitraan prabowo?

=====  

Penjelasan:  
Akun twitter Marawa mengunggah postingan pada tanggal 13 Maret 2024 mengenai peluncuran kapal TNI sebagai bentuk bantuan ke Palestina yang hanya sampai Mesir, kemudian balik lagi ke Indonesia.

Dilansir dari nasional.kompas.com Kapal bantu rumah sakit (KBRS) milik TNI AL, KRI Radjiman Wedyodiningrat-992, yang membawa bantuan kemanusiaan untuk korban perang di Jalur Gaza, Palestina, dijadwalkan bersandar di Mesir. Bantuan ini nantinya akan dikirim ke pelabuhan El Arish Mesir dan didistribusikan kepada para korban konflik di Jalur Gaza oleh Egypt Red Crescent atau Bulan Sabit Merah Mesir. El Arish, Sinai, merupakan daerah di Mesir yang berbatasan langsung dengan perbatasan Rafah. Kota itu menjadi pusat pengumpulan bantuan kemanusiaan dari luar negeri, termasuk Indonesia, untuk rakyat Palestina di Gaza, yang saat ini menghadapi gempuran senjata dari militer Israel. Sehingga, bantuan akan tetap sampai ke Gaza, Palestine dan tidak hanya menetap di Mesir.

Kapal dr. Radjiman Radjiman Wedyodiningrat-992 yang bersama 214 kru dan sekitar 40 pasukan khusus TNI AL dikabarkan kembali ke Indonesia karena telah menyelesaikan misi mengantarkan bantuan ke Mesir untuk rakyat Palestina di Gaza. Pasukan menurunkan seluruh paket bantuan dari rakyat Indonesia seberat 242 ton di dermaga Pelabuhan El Arish.

Bantuan yang dikirimkan berupa makanan, selimut, sandang, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, bahkan perlengkapan ibadah, diserahkan oleh personel Satgas Muhibah sebanyak 214 orang.

=====    

Referensi:   
https://www.google.com/amp/s/m.antaranews.com/amp/berita/3968886/kri-radjiman-rampungkan-misi-di-mesir-dan-bersiap-kembali-ke-ri

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/07/21135461/kapal-rumah-sakit-tni-pembawa-bantuan-kemanusiaan-palestina-dijadwalkan-tiba