[SALAH] Video Kapal Pengungsi Rohingya Tiba di Surabaya

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya kapal tersebut adalah kapal turis milik Holland America Line, hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Pelindo Regional 3 dan operator kapal pesiar itu sendiri. Tidak ada kaitannya dengan pengungsi Rohingya.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://perma.cc/5PZS-4S5B

= = =

Narasi:

“Rombongan Rohingya sdh tiba lagi di surabaya, siap2 untuk warga surabaya”

“Siap2 warga surabaya, rohingya datang :joy::rolling_on_the_floor_laughing: #rohingya #pengungsirohingya #trending #fyp”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan video TikTok menunjukkan sebuah kapal besar yang diklaim merupakan kedatangan kapal pengungsi Rohingya yang tiba di Surabaya.

Faktanya kapal tersebut adalah kapal pesiar turis yang dioperasikan oleh Holland America Line. Adrienne Carter, juru bicara Holland America Line menyebut bahwa kapal tersebut milik mereka yang merupakan kapal Westerdam, kapal pesiar premium yang digunakan untuk berlibur.

Penelusuran melalui mesin pencarian gambar, belum bisa dipastikan di mana video tersebut diambil. Namun pihak Holland America Line dan Pelindo Region 3 mengonfirmasi bahwa kapal Westerdam memang beberapa kali mengunjungi pelabuhan Tanjung Perak Surabaya di tahun 2023.

Sebelumnya klaim serupa dari sumber berbeda menyebut bahwa kapal Rohingya tiba di Surabaya dan dihadang oleh nelayan, namun informasi tersebut adalah hoaks dan juga sudah dibantah kebenarannya oleh Pemeriksa Fakta Mafindo.

Dengan demikian, video kapal pengungsi Rohingya tiba di Surabaya adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34FL9ML

https://www.hollandamerica.com/en/cruise-ships/westerdam/7

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-kapal-pengungsi-rohingya-tiba-di-surabaya

= = =