[SALAH] Oprah Winfrey masuk penjara GITMO (Kamp Tahanan Teluk Guantanamo)

Hasil Periksa Fakta Vania
Konten palsu. Faktanya, tidak adanya bukti konkret yang mendukung argumen dalam postingan tersebut. 

=====    

KATEGORI: Konten Palsu

=====    

Sumber: Media Online
https://archive.ph/lFJ1f

=====    

Narasi : 
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia)

Oprah Winfrey masuk ke GITMO (Kamp Tahanan Teluk Guantanamo)

=====   

Penjelasan:   
Pada tanggal 14 Januari 2024, Real Raw News memposting artikel yang mengklaim bahwa Oprah Winfrey baru saja ditangkap karena pengkhianatan dan berbagai kejahatan, serta dipenjarakan di Teluk Guantanamo. 

Setelah dilakukan penelusuran, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa pada tanggal 14 Januari 2024 Oprah sedang bertemu dengan para pemeran The Color Purple dalam acara Critics’ Choice Award. Kemudian pada tanggal 15 Januari, Oprah memposting video di Instagram yang berisi ucapan terima kasih kepada Dolce & Gabbana atas gaun ungu yang ia kenakan di Critics’ Choice Awards ke-29 sehari sebelumnya.

Dilansir dalam Techarp News, Real Raw News merupakan situs berita palsu yang memanfaatkan pembuatan berita menghebohkan tetapi palsu untuk menghasilkan uang dari donasi yang mereka cantumkan pada web. Berita yang dibagikan pun mengandung kronologi yang direkayasa. Dengan begitu, artikel mengenai Oprah Winfrey tersebut merupakan konten palsu. 

=====     

Referensi:    
https://www.techarp.com/showbiz/oprah-winfrey-arrested-gitmo/?amp=1
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/cekfakta/read/2024/01/18/111500282/beredar-konten-satire-soal-oprah-winfrey-jadi-narapidana-di-guantanamo
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-oprah-winfrey-masuk-penjara-gitmo-kamp-tahanan-teluk-guantanamo