[SALAH] Presiden Volodymyr Zelenskyy Naturalisasi Menjadi Warga Negara AS

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Presiden Zelenskyy tidak pernah melakukan naturalisasi untuk menjadi warga negara AS.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/aJBdE

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Zelya warga negara AS? Apakah pemerintahan Biden sedang membuat rencana untuk merelokasi keluarga Zelenskyy ke AS? Pantai Vero, Florida? Intel-Drop: 30 November 2023 Operasi AS yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melindungi Zelenskyy menimbulkan keheranan”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @joiedevivre789 (Marinochka) mengunggah foto yang menunjukkan dokumen naturalisasi Presiden Volodymyr Zelenskyy untuk menjadi warga negara AS. Marinochka juga menambahkan bahwa naturalisasi Presiden Ukraina dilakukan dengan operasi rahasia AS yang belum pernah terjadi sebelumnya. Cuitan dan foto yang diunggah pada 2 Desember 2023 tersebut telah disukai 553 orang, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 200 kali, serta telah dilihat lebih dari 32,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto itu adalah hasil edit. Melansir dari situs Boundless yang memberikan contoh foto dan menjelaskan sertifikat naturalisasi AS, pada bagian INS Registration No (nomor registrasi), terlihat bahwa ada spasi di setiap tiga angka. Pada gambar referensi terlihat nomor registrasi A12 345 678, sementara di foto sertifikat Zelenskyy semua angka berjejer tanpa spasi.

Selain itu, pada sertifikat Zelenskyy tertulis bahwa beliau tinggal di Vero Beach, Florida. Kode pos untuk daerah itu adalah 32960. Setelah memasukkan kode pos tersebut di laman resmi badan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS, tertera bahwa fasilitas yang tersedia di area tersebut adalah di West Palm Beach, bukan Tampa seperti yang tertulis di sertifikat Zelenskyy.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @joiedevivre789 (Marinochka) merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-presiden-volodymyr-zelenskyy-naturalisasi-menjadi-warga-negara-as


https://www.boundless.com/immigration-resources/certificate-of-naturalization-explained/


https://www.uscis.gov/about-us/find-a-uscis-office/field-offices