[SALAH] Foto “Megawati bertemu dengan Gibran, Ganjar, Prabowo dan Jokowi di Rapat Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta”

Foto editan. Foto tersebut merupakan hasil manipulasi dengan menggabungkan foto ketika Gibran menerima surat keputusan Rapimnas Partai Golkar di kantor DPP Partai Golkar pada Oktober 2023 dan foto saat rapat klarifikasi Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta dengan PT Jakpro pada Juni 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

 Akun Facebook Parameter Major (fb.com/Parametermajor1) pada 21 Desember 2023 menunggah sebuah foto yang menampilkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan latar belakang rapat Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta yang deisertai narasi:

“Topeng Asli G1bran Terb0ngkar, Ini M£Ng£Rik4n…Benarkah Jkw Berbohong d3mi Lakukan Ini”

Sumber: https://archive.cob.web.id/archive/1703171020.079926/index.html (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Megawati bertemu dengan Gibran, Ganjar, Prabowo dan Jokowi di Rapat Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto tersebut merupakan foto editan. Foto tersebut merupakan hasil manipulasi dengan menggabungkan foto ketika Gibran menerima surat keputusan Rapimnas Partai Golkar di kantor DPP Partai Golkar pada Oktober 2023 dan foto saat rapat klarifikasi Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta dengan PT Jakpro pada Juni 2020.

Foto Gibran yang asli, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Golkar Usulkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Pakar UNS Singgung Etika Politik” yang terbit di situs detikcom pada 21 Oktober 2023. Foto itu diberi keterangan: “Gibran Rakabuming Raka menerima surat keputusan Rapimnas Partai Golkar di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Foto: Ari Saputra”.

Sementara itu, foto rapat Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta yang asli salah satunya dimuat di artikel berjudul “Fraksi PDIP DKI Desak Jakpro Bongkar Struktur Bangunan di Ruang Terbuka Hijau di Pluit Jakarta Utara” yang terbit di situs Tribunnews pada 12 Juni 2023.

REFERENSI
https://www.detik.com/jateng/berita/d-6994844/golkar-usulkan-gibran-jadi-cawapres-prabowo-pakar-uns-singgung-etika-politik
https://wartakota.tribunnews.com/2020/06/12/fraksi-pdip-dki-desak-jakpro-bongkar-struktur-bangunan-di-ruang-terbuka-hijau-di-pluit-jakarta-utara

About Adi Syafitrah 1645 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo