[SALAH] Penampakan Ikan Bunian di Sungai Aceh Asli

Hasil periksa fakta Dyah Feberiyani

Video pada unggahan TikTok tersebut bukan ikan Bunian, melainkan cosplay kostum mermaid oleh seorang kreator asal Amerika Serikat.

[KATEGORI]
Konten Palsu

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1701065636.268488/index.html

[NARASI]
” Penampakan Ikan Bunian di Sungai Aceh Asli
Sungai aceh menyimpan banyak misteri”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok mengunggah video yang mengklaim ada penampakan ikan Bunian di Aceh. Video itu memperlihatkan sungai yang berwarna hijau biru yang indah. Di dalam sungai terdapat objek berbentuk ikan duyung besar berwarna putih. Faktanya, video tersebut bukan di Aceh.

Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, ditemukan video yang identik. Video tersebut adalah cosplay seorang kreator dan pecinta kostum ikan duyung di sungai Northern Michigan Amerika Serikat. Di dalam YouTube dan laman resmi mereka themagiccraftter.com, ditemukan video- video menyerupai ikan duyung lainnya.

Sedangkan video yang diklaim sebagai ikan Bunian di Aceh tersebut diunggah pada akun YouTube The Magic Crafter dengan judul “MERMAID IN THE RIVER” diunggah pada 06 Agustus 2023. Kreator tersebut juga menjelaskan pada lama resminya jika konten tersebut pemerannya adalah manusia menggunakan kostum ikan Duyung.

[REFERENSI]
https://www.themagiccrafter.com/blog/river-mermaid-videos-real-mermaid
https://youtu.be/LjfOingtkZI
https://youtu.be/yUWGDI9t-i0?si=c4uIzTt1qjWcuYeK
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-penampakan-ikan-bunian-di-sungai-aceh-asli