[SALAH] TEPAT PAGI INI || GIBRAN & JOKOWI TANDA TANGAN, NYATAKAN MUNDUR SEBAGAI CAWAPRES PRABOWO

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim  Gibran dan Jokowi menandatangani pernyataan mundur sebagai cawapres Prabowo. Unggahan tersebut telah dimanipulasi baik dari cover maupun judul dalam unggahan tersebut. Unggahan tersebut menarasikan sebuah artikel yang tidak sesuai dengan judul.

=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1700445475.145446/youtu.be/jc31Xygs9eE%40si%3DZzfGgT0P3jTuwGxP.html (Youtube)

=====
[NARASI]: “TEPAT PAGI INI || GIBRAN & JOKOWI TANDA TANGAN, NYATAKAN MUNDUR SEBAGAI CAWAPRES PRABOWO”

============
[PENJELASAN]:
Akun Grauda News pada 14 November 2023 mengunggah video yang berjudul “TEPAT PAGI INI || GIBRAN & JOKOWI TANDA TANGAN, NYATAKAN MUNDUR SEBAGAI CAWAPRES PRABOWO”. Unggahan yang berdurasi 8 menit 5 detik itu tidak menyampaikan tentang pengunduran diri Gibran sebagai cawapres Prabowo. Judul dalam unggahan tersebut tidak sesuai dengan narasi yang disampaikan dalam unggahan. Narasi yang disampaikan memang tentang Gibran namun berbeda topik dengan judul yang ada pada unggahan.

Narasi pada unggahan tersebut adalah sebuah artikel berita dari seword.com yang berjudul “Gibran Rakabuming Menggunakan Politik Dua Kaki Untuk Menghadapi Pilpres Tahun 2024” pada 8 November 2023. Artikel tersebut berisi tentang Gibran yang menjadi cawapres Prabowo dengan menjadi bagian dari partai golkar, akan tetapi belum melepas status keanggaotaannya pada partai PDIP sehingga hal tersebut dianggap kurang beretika dalam berpolitik.

==========
[REFERENSI]:
– https://seword.com/politik/gibran-rakabuming-menggunakan-politik-dua-kaki