[SALAH] “Ini perkembangan kesehatan terakhir Opung Luhut”

Hasil periksa fakta Noy Husain (Relawan Mafindo). Foto yang disertakan dalam cuitan, di mana tampak Presiden Joko Widodo tengah menjenguk Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan yang terbaring di RS, merupakan hasil rekayasa foto.

===========================================
KATEGORI: Konten Dimanipulasi
===========================================

NARASI:
“Ini perkembangan kesehatan terakhir Opung Luhut.
Walaupun tdk banyak berguna dlm perjuangan hak beribadah minoritas (termasuk agamanya sendiri), tapi hasil kerja di bidang2 lain sdh sgt bagus. Selamat beristirahat dan cepat sembuh.”

SUMBER: Twitter
Tautan:
https://twitter.com/SammiSoh/status/1714087890022797326?t=WgoCueVQTBQD9-hnVSctvw&s=19 // https://archive.cob.web.id/archive/1697632836.57382/index.html
===========================================

PENJELASAN:
Sebuah cuitan akun @SammiSoh di Twitter menyertakan foto di mana tampak Presiden Joko Widodo tengah menjenguk Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan (LBP) yang terbaring di RS, merupakan hasil rekayasa foto. Cuitan ini sudah dilihat sebanyak 63,9 ribu kali dan disukai oleh 420 akun saat dilakukan tangkapan layar terakhir.

Melalui pencarian dengan Google image, diketahui bahwa foto tersebut sebenarnya adalah foto liputan Setkab saat Presiden Joko Widodo menjenguk Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno pada tanggal 23 Desember 2022.

Foto asli bisa dilihat pada tautan berikut:
https://setkab.go.id/en/president-jokowi-pays-a-visit-to-try-sutrisno-in-gatot-soebroto-hospital/

Untuk perkembangan kesehatan LBP sendiri masih dalam tahap pemulihan, tapi sudah diizinkan untuk mulai beraktivitas kembali oleh tim dokter yang menangani beliau. Ini bisa dilihat dalam postingan terbaru di media sosialnya tanggal 17 Oktober 2022.

LBP juga mengingatkan agar masyarakat tidak langsung percaya dengan foto-foto yang beredar di dunia maya tentang kondisi dirinya.

Tautan: https://fb.watch/nL0NRvthi0/?mibextid=Nif5oz

REFERENSI:
https://money.kompas.com/read/2023/10/18/091500526/kian-membaik-di-singapura-luhut-minta-jangan-percaya-hoaks-foto-foto-aneh
https://news.detik.com/berita/d-6986690/seminggu-pemulihan-di-singapura-begini-kondisi-luhut-sekarang