[SALAH] “Bocah Ditipu Anies Oleh Acara Jalan Sehat Nasdem Anies Baswedan Janjinya Hadiah Umroh Eh Malah Dikasih TV Sama Dispenser”

Informasi yang menyesatkan. Faktanya, kejadian tersebut bukan terjadi di acara jalan sehat Anies Baswedan yang berlokasi di area Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman pada Minggu (24/9/2023) melainkan pada acara jalan sehat pada Minggu (13/8/2023) yang berlokasi di Lapangan Tala Bumi Tamalanrea Permai (BTP).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFRENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter atau X @MayaA62580468 (x.com/MayaA62580468) pada 26 September 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Door prize ktanya dpt tiket Umrah, trnyata di ganti dispenser, Dsar Capres penipu”

Video ini berisi potongan gambar dan video yang salah satunya adalah gambar tangkapan layar artikel berjudul “VIRAL Hadiah Umroh Bocah Lomba Gerak Jalan Diganti Jadi TV, Alasan Karena Belum Punya Hak Pilih” dan tulisan “BOCAH DITIPU ANIES OLEH ACARA JALAN SEHAT NASDEM ANIES BASWEDAN JANJINYA HADIAH UMROH EH MALAH DIKASIH TV SAMA DISPENSER”

Sumber: archive.ph/7oWrN (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang disertai klaim bahwa ada bocah yang ditipu Anies Baswedan di acara jalan sehat Nasdem di Makassar pada 24 September 2023 merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, kejadian tersebut bukan terjadi di acara jalan sehat Anies Baswedan yang berlokasi di area Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman pada Minggu (24/9/2023) melainkan pada acara jalan sehat pada Minggu (13/8/2023) yang berlokasi di Lapangan Tala Bumi Tamalanrea Permai (BTP).

Artikel berjudul “VIRAL Hadiah Umroh Bocah Lomba Gerak Jalan Diganti Jadi TV, Alasan Karena Belum Punya Hak Pilih” yang terdapat di video itu sebenarnya terbit di situs medan.tribunnews.com pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Dilansir dari artikel ini, seorang bocah di Tamalanrea, Makassar, harusnya mendapatkan hadiah umroh, tapi malah diganti menjadi TV dan dispenser.

Dilansir dari detik.com, penanggung jawab kegiatan, Susuman Halim mengklarifikasi masalah itu. Dia menyebut pembatalan hadiah umrah itu karena terkait dengan regulasi pengundian hadiah utama. Dia menjelaskan, saat pengundian hadiah umrah berlangsung dan kupon undian Rifky terpilih, panitia sempat memanggilnya naik ke panggung. Saat itu orang tua Rifky lebih dulu naik lalu disusul oleh anaknya. Panitia kemudian melakukan verifikasi syarat KTP. Saat proses verifikasi, Rifky tak bisa menunjukkan KTP, sehingga panitia tegas membatalkannya sebagai pemenang hadiah utama.

“Pada saat itu juga ribuan peserta jalan sehat berteriak dari bawah panggung minta kiranya dibatalkan karena tidak ber-KTP dan mereka minta penarikan undian kupon lagi,” ujarnya.

Orang tua Rifky, Indah Astriani mengatakan tidak lagi mempermasalahkan perihal undian umrah tersebut. Dia menyebut undian umrah bukan rezeki sehingga keluarga mengikhlaskannya.

Sementara itu, pasangan Bakal Capres – Cawapres pada Pilpres 2024, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menghadiri jalan sehat di Kota Makassar. Jalan sehat ini berlokasi di area Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (24/9/2023).

REFERENSI
https://medan.tribunnews.com/2023/08/16/viral-hadiah-umroh-bocah-lomba-gerak-jalan-diganti-jadi-tv-alasan-karena-belum-punya-hak-pilih
https://www.detik.com/bali/berita/d-6883164/viral-hadiah-umrah-lomba-jalan-sehat-diganti-tv-dispenser-ini-kata-panitia
https://sulsel.idntimes.com/news/sulsel/ashrawi-muin/anies-cak-imin-jalan-sehat-di-makassar-klaim-dihadiri-1-juta-orang

About Adi Syafitrah 1650 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo