[SALAH] Ribuan Buruh Siaga Geruduk Istana Tuntut Prabowo

  • Faktanya, tidak ada sumber kredibel yang membenarkan adanya ribuan buruh yang bersiaga untuk menggeruduk istana dan menuntut Prabowo.
  • Video berisi narasi “ribuan buruh siaga geruduk istana tuntut Prabowo” adalah konten yang dimanipulasi (manipulated content).

Beredar video [arsip] dari kanal YouTube “KOPI POLITIK” yang mengklaim ribuan buruh siaga geruduk istana tuntut Prabowo.

Berikut narasi lengkapnya:

BLUNDER FATAL !! RAKYAT DESAK PRABOWO SINGKIRKAN PARA MENTERI BOBROKNYA

BREAKING NEWS

RAKYAT MARAH BESAR

TUNTUT PRABOWO [\PECAT PARA MENTERI BOBROK

Klaim diperkuat dengan sampul foto (thumbnail) yang menampilkan massa demonstrasi. Sejak diunggah Kamis (24/10/2024), video tersebut telah ditonton lebih dari 4.000 kali per Sabtu (26/10/2024).

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama menelusuri kebenaran klaim dengan memasukkan kata kunci “ribuan buruh siaga geruduk istana tuntut Prabowo” ke mesin pencarian Google.

Hasilnya, tidak ditemukan informasi tentang ribuan buruh bersiaga untuk menggeruduk istana dan menuntut Prabowo.

TurnBackHoax kemudian menelusuri sampul foto video itu lewat Google Lens. Diketahui, foto berasal dari momen demonstrasi buruh pada tiga lokasi di Jakarta, Senin (10/8/2015).

Gambar asli dimuat dalam artikel kompasiana.com ”Demo Buruh 10 Agustus 2015, Jangan Resahkan Kalangan Dunia Usaha”.

Video berdurasi 8 menit 49 detik tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan. Narator dalam video membacakan ulang artikel liputan6.com “3 Ribu Buruh Ancam Demo Besar-besaran 24 Oktober 2024”.

Artikel yang tayang Selasa (22/10/2024) itu membahas Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal yang menyebut lebih dari 3.000 buruh se-Jabodetabek akan melakukan aksi pada Kamis, (24/10/2024) di depan istana.

Kesimpulan

Video berisi narasi “ribuan buruh siaga geruduk istana tuntut Prabowo” merupakan konten yang dimanipulasi (manipulated content).

(Ditulis oleh Pekik Jalu Utomo)