[PENIPUAN] Ruben Onsu Buat Kuis Tebak Kata, Total Hadiah Rp270 Juta

  • Tidak ada konten serupa di akun media sosial resmi milik Ruben Onsu.
  • Unggahan berisi narasi “Ruben Onsu akan bagikan uang untuk yang berhasil tebak kata” merupakan konten palsu (fabricated content).

Akun Facebook “Riska Saputri” pada Rabu (16/10/2024) membagikan video [arsip] yang menunjukkan Ruben Onsu sedang berjoget bersama anaknya, Betrand. Unggahan disertai narasi tentang Ruben yang akan mentransfer Rp270 tanpa diundi bila warganet bisa menebak kata dari susunan huruf acak yang tertera dalam video.

Berikut narasi lengkapnya:

“TEBAK NAMA BENDA DI BAWAH YANG BENAR AKU TRANSFER 270 JUTA TANPA DIUNDI. S-A-L-E-G.”

Hingga Jumat (25/10/2024), video menuai 4.800 tanda suka dan ditayangkan lebih dari 500 ribu kali. Video juga dibanjiri hampir 15 ribu komentar, sebagian besar mempercayai unggahan tersebut dengan ikut menebak kata.

Dari pengamatan Tim Pemeriksa Fakta Mafindo (TurnBackHoax), pengunggah dalam kolom komentar warganet untuk menghubungi WhatsApp lewat tautan yang tertera.

Pemeriksaan Fakta

Setelah ditelusuri oleh pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) melalui pencarian video di TikTok dengan kata kunci “Ruben baju pink Bertran joget”, ditemukan video serupa yang diunggah akun resmi Ruben Onsu (rubenonsu_official).

Dalam video yang dibagikan Ruben pada Minggu (2/5/2021) itu, tidak ada pernyataan dirinya akan memberikan hadiah Rp270 juta bagi warganet yang berhasil menebak kata.

Perlu diketahui, kuis tebak kata dengan iming-iming uang yang nominalnya fantastis seperti ini sering kali merupakan modus penipuan. Pelaku biasanya mengarahkan korban untuk menghubungi sebuah nomor, kemudian pelaku meminta data pribadi yang bersifat rahasia dan akhirnya disalahgunakan.

Kesimpulan

Unggahan berisi narasi “Ruben Onsu akan bagikan uang untuk yang berhasil tebak kata” merupakan konten palsu (fabricated content).

(Ditulis oleh Moch. Marcellodiansyah)