[SALAH] Puan Maharani Blak-blakan PDIP Tolak Gabung Kabinet Prabowo-Gibran

  • Tidak ada sumber kredibel yang membenarkan klaim tersebut. Thumbnail dari video yang beredar pun merupakan hasil suntingan.
  • Video berisi narasi “Puan Maharani Blak-blakan PDIP Tolak Gabung Kabinet Prabowo-Gibran” adalah konten yang dimanipulasi (manipulated content).

Beredar video [arsip] dari kanal YouTube “KOPI POLITIK” yang mengklaim Puan Maharani menyatakan PDIP blak-blakan menolak gabung Kabinet Prabowo-Gibran.

Berikut narasi lengkapnya: 

TEGAS !! PUAN MAHARANI BLAK-BLAKAN PDIP TOLAK GABUNG KABINET PRABOWO-GIBRAN

BREAKING NEWS

PDIP TOLAK BERGABUNG

GIBRAN & MULYONO JADI BIANG KEROK PRABOWO MEGA

Klaim diperkuat dengan sampul foto (thumbnail) yang menampilkan Puan Maharani seolah sedang berpidato di depan Prabowo-Gibran. Sejak diunggah Senin (21/10/2024), video tersebut per Kamis (24/10/2024) telah ditonton lebih dari 1.000 kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim Pemeriksa Fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama memasukkan kata kunci “Puan Maharani tolak gabung kabinet Prabowo-Gibran” ke mesin pencari Google. Hasilnya, tidak ditemukan informasi yang membenarkan klaim.

TurnBackHoax kemudian menelusuri sampul foto video itu lewat Google Lens dan tidak menemukan gambar yang identik. Potret dalam thumbnail video merupakan hasil suntingan atau manipulasi dari gabungan sejumlah gambar.

Video berdurasi 7 menit 3 detik tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan. Narator dalam video membacakan ulang artikel merdeka.com “Puan Maharani: Tidak Ada Kader PDIP yang Masuk Kabinet Prabowo-Gibran”.

Artikel yang tayang Minggu (20/10/2024) itu membahas Puan Maharani yang menyampaikan partainya akan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto di Parlemen. Namun, PDIP tidak menempatkan kadernya di kabinet Prabowo.

Kesimpulan

Video berisi narasi “Puan Maharani Blak-blakan PDIP Tolak Gabung Kabinet Prabowo-Gibran” merupakan konten yang dimanipulasi (manipulated content).

(Ditulis oleh Pekik Jalu Utomo)