[PENIPUAN] Jadi Anggota DPR, Verrell Bramasta Bagi-Bagi Rp35 Juta di TikTok

  • Faktanya, tak ada video bagi-bagi Rp35 juta dalam akun media sosial pribadi milik Verrell Bramasta (Instagram “bramastavrl” dan TikTok “bramastaverrell”). 
  • Video dengan narasi “Verrell Bramasta berjanji membagikan Rp35 juta” merupakan konten tiruan (impostor content) untuk modus penipuan.

Akun TikTok “varelbramasta.be” pada Selasa (8/10/2024) mengunggah video [arsip] yang menayangkan Verrell Bramasta berjanji membagikan Rp35 juta setelah dilantik menjadi anggota DPR. Berikut narasi lengkapnya:

“Halo assalamualaikum saya varel bramasta, alhamdulillah saya sudah dilantik menjadi anggota DPR ini janji saya ya. siapa saja yang sudah menemukan postingan ini saya akan berikan bantuan”

Hingga Kamis (24/10/2024) video tersebut telah ditonton lebih dari 100 kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri kebenaran informasi tersebut lewat akun media sosial pribadi milik Verrell Bramasta, yakni Instagram “bramastavrl” dan TikTok “bramastaverrell”). Tak ada video serupa di dua akun tersebut.

TurnBackHoax kemudian memeriksa audio unggahan dengan detect.resemble.ai. Hasilnya, audio dibuat menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI)

Video dalam unggahan akun TikTok “varelbramasta.be” ditelusuri dengan Google Lens. Penemuan teratas menunjukkan dokumentasi itu merupakan potongan momen Verrel saat Pelantikan DPR RI pada Selasa (1/10/2024) di Senayan, Jakarta Pusat.

Kesimpulan

Video dengan narasi “Verrell Bramasta berjanji membagikan Rp35 juta” merupakan konten tiruan (impostor content) untuk modus penipuan.

(Ditulis oleh Siti Lailatul Fitriyah)