[SALAH] Hasil Survei 20—25 September 2024 Pilkada Bone Bolango dari Indikator  

  • Unggahan akun Tiktok “iris.rsb” berisi klaim “hasil survei Indikator Politik periode 20—25 September 2024 tentang pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Bone Bolango” merupakan konten palsu (fabricated content).
  • Hasil survei resmi dari Indikator Politik bisa diakses di laman resmi www.indikator.co.id  dan kanal YouTube INDIKATORTV.

Akun Tiktok “iris.rsb” pada Selasa (15/10/2024) membagikan video [arsip] berisi grafik hasil survei pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Bone Bolango. Tercantum logo “Indikator Politik” dalam potongan hasil survei yang berlangsung 20—25 September 2024 itu.

Berikut narasi lengkap yang ada di potongan hasil survei:

“SIMULASI SEMI TERBUKA 4 PASLON

Kalau pemilihan langsung Bupati dan Wakil bupati Kabupaten Bone Bolango diakan saat ini, siapa yang bpk/bu pilih dari pasangan nama berikut ini? (%)

Pada simulasi semi terbuka, ISMET-RISMAN paling banyak dipilih 31.1%, kemudian AMRAN- IRWAN 20.2%, nama lain Jauh lebih rendah. Belum menentukan pilihan 21.5%.”

Video berdurasi 13 detik tersebut per Rabu (22/10/2024) sudah disukai 55 akun, dibagikan ulang 11 akun, dan menuai 14 komentar.

Pemeriksaan Fakta

Tim Pemeriksa Fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama menelusuri akun Instagram Burhanuddin Muhtadi (@.burhanuddinmuhtadi), pendiri Indikator. Dalam unggahannya, Burhanuddin menegaskan tim Indikator tidak pernah melakukan survei pilkada di Kabupaten Bone Bolango pada periode tersebut.

“Survei terakhir Indikator terakhir kalinya di sana bulan Agustus 2024 sebelum penetapan paslon. Itupun hasilnya berbeda dengan survei yang diklaim dari Indikator yg dikatakan dilakukan pada September,” tulis Burhanuddin di akun Instagram pribadinya.

Dilansir dari pemberitaan dulohupa.id, Indikator menegaskan hasil survei resmi bisa diakses di laman resmi www.indikator.co.id  dan kanal YouTube INDIKATORTV.

Kesimpulan

Unggahan akun Tiktok “iris.rsb” berisi klaim “hasil survei Indikator Politik periode 20—25 September 2024 tentang pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Bone Bolango” merupakan konten palsu (fabricated content).

(Ditulis oleh Rahmah)