[PENIPUAN] Video Soimah Janji Kasih Uang Rp50 Juta di TikTok

  • Video bukan berasal dari akun TikTok asli Soimah (soimah_pancawati).
  • Unggahan video berisi narasi “Soimah menjanjikan uang Rp50 juta” adalah konten tiruan (impostor content) untuk modus penipuan.

Akun TikTok “soimah_pancawatireall1” pada Senin (26/8/2024) mengunggah video [arsip] yang memperlihatkan Soimah berbicara dan menjanjikan hadiah Rp50 juta. Berikut narasi lengkapnya:

“selamat buat kamu yang melihat video ini, make janji kasih kamu 50 juta hari ini bagi yang sudah follow tekan love dan panah. ingat yang sudah follow ya. ini resmi langsung dari make ya. yang bilang hoax tenang saja sing penting kamu sudah dapat.”

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama menelusuri kebenaran narasi dengan mengecek keaslian audio menggunakan detect.resemble.ai. Hasilnya, audio tersebut “palsu” atau dibuat menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Akun Tiktok “soimah_pancawatireall1” merupakan akun palsu yang mengatasnamakan Soimah untuk modus penipuan. Dalam akun TikTok resmi Soimah yang bercentang biru, Soimah tidak pernah membagikan video seperti unggahan akun “soimah_pancawatireall1”.

TurnBackHoax sebelumnya sudah beberapa kali meluruskan klaim serupa yang mencatut nama Soimah, salah satunya lewat artikel “[PENIPUAN] Hadiah 100 Juta dari Soimah Melalui Games Tangkap Gambar” yang tayang September 2024.

Kesimpulan

Unggahan video berisi narasi “Soimah menjanjikan uang Rp50 juta” adalah konten tiruan (impostor content) untuk modus penipuan.

(Ditulis oleh Siti Lailatul Fitriyah)