[SALAH] Tentara Perdamaian RI yang Dikirim ke Lebanon Hanya Bisa Bertahan di Bunker 

  • Faktanya, foto yang beredar merupakan potongan dokumentasi saat Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R Unifil 2024 mengikuti perayaan HUT ke-79 TNI secara virtual di tengah situasi konflik di Lebanon Selatan.
  • Narasi berisi klaim “tentara perdamaian RI yang dikirim ke Lebanon hanya bisa bertahan di bunker” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun X “ProfOnline_id” mengunggah gambar [arsip] pada Rabu (9/10/2024) disertai cuitan:

Berikut narasi lengkapnya:

Kasian juga tentara perdamaian kita yang dikirim ke Lebanon. Sekarang cuma bertahan di bunker utk menyaksikan serangan Israel.

Per Kamis (17/10/2024) konten tersebut sudah menuai hampir 200 ribu tayangan dan dicuitkan ulang lebih dari 170 kali.

Pemeriksa Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama menelusuri kebenaran klaim tersebut dengan memasukkan gambar ke mesin Google Lens.

Hasilnya, diketahui foto tersebut berasal dari potongan video berjudul “Di Tengah Konflik, Pasukan Perdamaian RI di Lebanon Rayakan HUT ke-79 TNI” yang diunggah di kanal YouTube Metro TV.

Dokumentasi itu merupakan momen saat Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R Unifil 2024 mengikuti perayaan HUT ke-79 TNI secara virtual di tengah situasi konflik di Lebanon Selatan. 

Kesimpulan

Narasi berisi klaim “tentara perdamaian RI yang dikirim ke Lebanon hanya bisa bertahan di bunker” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Yudho Ardi)