[SALAH] Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong Mundur Usai Laga Lawan Cina

  • Dalam laman resmi PSSI, Shin Tae Yong masih tercatat sebagai pelatih Timnas Indonesia hingga 2027. Ia dan Timnas Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk melawan Jepang dan Arab Saudi bulan November mendatang.
  • Unggahan “pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mundur usai laga lawan Cina” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun “Ananda Putri” pada Rabu (16/10/2024) mengunggah foto [arsip] di grup facebook “Timnas Indonesia” dengan narasi :

“Breaking news: kekalahan lawan CHINA 2-1 akhirnya membuat STY MUNDUR sebagai PELATIH TIMNAS INDONESIA 😭😭😭

Selamat tinggal STY 

#STYMUNDUR”

Per Selasa (22/10/2024), 80 akun memberi tanda suka di unggahan tersebut. Konten juga menuai 93 komentar, mayoritas menyalahkan Shin Tae Yong (STY) atas kekalahan Timnas Indonesia melawan Cina.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri sumber foto unggahan lewat Google Lens. Hasilnya, foto tersebut mirip dengan video di kanal YouTube Arena Kita “PRE MATCH PRESS CONFERECE SEBELUM LEG 2 AFF CUP 2020, SHIN TAE YONG PASTIKAN TIDAK ADA ADU PINALTI” yang diunggah Desember 2021.

Video tersebut diambil saat konferensi pers sebelum laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia dan Singapura pada Sabtu (25/12/2021).

Dalam laman resmi PSSI, STY masih tercatat sebagai pelatih Timnas Indonesia hingga 2027. Dilansir dari kompas.com, STY serta Timnas Indonesia sedang menyiapkan diri untuk pertandingan melawan Jepang dan Arab Saudi pada Jumat (15/11/2024) dan Selasa (19/11/2024) di Stadion Gelora Bung Karno.

Kesimpulan

Unggahan dengan narasi “pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mundur usai laga lawan Cina” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Vania Astagina)