[SALAH] Ada Kongkalikong Adik Prabowo dan Yusril di Balik Ekspor Pasir Laut

  • Tidak ada sumber kredibel yang membenarkan klaim tersebut. Thumbnail dari video yang beredar pun merupakan hasil suntingan.
  • Video berisi narasi “Adik Prabowo dan Yusril dibalik ekspor pasir laut” adalah konten yang dimanipulasi (manipulated content).

Beredar video [arsip] dari kanal YouTube “KOPI POLITIK” yang mengeklaim ada kongkalikong Hashim Djojohadikusumo (adik Prabowo) dan Mantan Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra dalam ekspor pasir laut

Berikut narasi lengkapnya:

KONGKALIKONG BUSUK TERBONGKAR !! TERNYATA ADIK PRABOWO DAN YUSRIL DIBALIK EKSPOR PASIR LAUT

BREAKING NEWS

KONGKALIKONG TERBONGKAR

ADIK PRABOWO & YUSRIL DIBALIK EKSPOR PASIR LAUT

Klaim tersebut diperkuat dengan sampul foto (thumbnail) yang menampilkan latar lokasi penambangan pasir. Sejak diunggah Jumat (4/10/2024), video tersebut per Senin (21/10/2024) telah ditonton lebih dari dua ribu kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama memasukkan kata kunci “Adik Prabowo dan Yusril dibalik ekspor pasir laut” ke mesin pencarian Google. Hasilnya, tidak ditemukan informasi yang membenarkan klaim.

TurnBackHoax kemudian menelusuri sampul foto video itu lewat Google Lens dan tidak menemukan gambar yang identik. Potret dalam thumbnail video merupakan hasil suntingan atau manipulasi dari gabungan sejumlah gambar.

Video berdurasi 6 menit 12 detik tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan. Narator dalam video membacakan ulang artikel suara.com “Heboh Adik Prabowo Jadi Penambang Pasir Laut, Reaksi Pandji Pragiwaksono: Sabar Nyet”.

Artikel yang tayang Minggu (6/10/2024) itu membahas komika Pandji Pragiwaksono yang menyoroti dibukanya kembali keran ekspor pasir laut oleh Jokowi.

Kesimpulan

Video berisi narasi “Adik Prabowo dan Yusril dibalik ekspor pasir laut” merupakan konten yang dimanipulasi (manipulated content).

(Ditulis oleh Pekik Jalu Utomo)