[SALAH] Cara Hilangkan Flek Hitam dan Putihkan Wajah Pakai Micin

  • Penggunaan micin dalam perawatan wajah justru bisa mengakibatkan permasalahan kulit. 
  • Video yang berisi “cara menghilangkan flek wajah dan memutihkan wajah dengan micin” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun Facebook “EffaEffa” pada Kamis (10/10/2024) mengunggah video [arsip] mengenai cara menghilangkan flek hitam dan memutihkan wajah menggunakan campuran micin dan jeruk peras. 

Berikut narasi lengkapnya

“ Wajah putih seumur hidup dengan 2 bahan dapur. Begini cara menghilangkan flek hitam dengan micin”. 

Per Senin (19/10/2024), unggahan ini sudah disukai lebih dari 5.000 pengguna, dikomentari 479 kali, serta dibagikan lebih dari 480 kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta menelusuri informasi tentang penggunaan micin untuk wajah ke mesin pencarian Google. Hasilnya, terdapat artikel yang sudah membahas klaim tersebut.

Dilansir dari kompas.com, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin sekaligus Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman Ismiralda menyampaikan micin tidak disarankan sebagai bahan perawatan kulit.

“Penggunaan micin, madu, susu, dan beberapa bahan lainnya itu menimbulkan kontradiksi,” kata Ismiralda kepada Kompas, Jumat (7/4/2023).

Sumber lain, yakni Dokter Spesialis Kulit Dr. Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FAADV, menyebut klaim tentang micin bisa memutihkan wajah adalah mitos.

Dalam keterangannya kepada kompas.com, Kamis (1/2/2022), belum ada penelitian valid untuk mendukung gagasan tersebut.

“(Micin) tidak diformulasikan untuk kulit. Kalaupun ada zat aktif, itu tidak bisa menembus kulit karena molekulnya besar. Apabila micin dosis tinggi dibalurkan ke wajah, kulit bisa jadi iritasi, meradang, memerah, dan bekasnya jadi hitam,” pungkasnya.

Kesimpulan

Video yang berisi “cara menghilangkan flek wajah dan memutihkan wajah dengan micin” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content). 

(Ditulis oleh Amanda Rahma)