[PENIPUAN] Surat Panggilan Tes Interview Siloam Hospitals

  • Pesan berisi “Surat panggilan tes interview RS. Siloam Hospitals” yang dikirim oleh info.lowongan@bumn.rekrutmen.com merupakan konten tiruan (impostor content) untuk modus penipuan.

Akun Gmail info.lowongan@bumn.rekrutmen.com pada Sabtu (12/10/2024) membagikan pesan [arsip] dalam bentuk pdf berisi surat panggilan wawancara (interview) di Bali dari Siloam Hospitals.

Dari pengamatan Tim Pemeriksa Fakta Mafindo (TurnBackHoax), dalam surat itu terdapat lampiran daftar nama calon karyawan (700 orang), hingga jadwal tahapan seleksi. Ada juga nomor WhatsApp (WA) untuk konfirmasi kehadiran.

Berikut potretnya:

Pemeriksaan Fakta

TurnBackHoax menelusuri kebenaran surat tersebut dengan menghubungi nomor Whatsapp resmi Siloam Hospitals (+628118951181). Siloam Hospitals mengkonfirmasi pesan yang beredar merupakan palsu dan mencatut nama rumah sakit.

Sebelumnya, Siloam Hospitals melalui LinkedIn resminya telah mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat menelaah informasi lowongan kerja. Pengumuman seputar proses rekrutmen dan pengiriman berkas lamaran hanya melalui:

Kesimpulan

Pesan berisi “Surat panggilan tes interview RS. Siloam Hospitals” yang dikirim info.lowongan@bumn.rekrutmen.com merupakan konten tiruan (impostor content) untuk modus penipuan.

(Ditulis oleh Siti Lailatul Fitriyah)