[PENIPUAN] Raffi Ahmad Giveaway, dari Susun Kata sampai Transfer Ratusan Juta

● Dari hasil penyisiran di akun TikTok resmi Raffi Ahmad “raffi_nagita”, tak ditemukan konten giveaway dengan susun kata atau penawaran transfer ratusan juta.

● Akun TikTok “raffiahmad_bagibagii” dan seluruh unggahannya adalah konten tiruan (impostor content), merupakan modus penipuan yang mencatut nama artis.


Sejak Selasa (15/10/2024), Tim Pemeriksa Fakta Mafindo (TurnBackHoax) menemukan akun TikTok “raffiahmad_bagibagii” [arsip] berisi empat video. Keseluruhan konten menginformasikan adanya giveaway dari Raffi Ahmad dengan cara beragam, mulai dari permainan susun kata hingga transfer langsung tanpa diundi.

Di bagian bio profil terdapat tautan nomor WhatsApp disertai narasi: 

kirimksn jawaban kalian ke WhatsApp

☎️ admin klik disini ⤵️

wa[dot]me/message/5Z2H2RTV2M7CB

Per Senin (18/10/2024) akun ini diikuti lebih dari 17 ribu pengguna dan disukai hampir 30 ribu akun.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) melakukan pencarian di akun TikTok resmi milik Raffi Ahmad, “raffi_nagita”. Hasilnya, di akun bercentang biru dengan pengikut lebih dari 15 juta itu, tak ada video atau konten yang serupa dengan unggahan akun TikTok “raffiahmad_bagibagii”.

Raffi Ahmad pun tak pernah mengadakan giveaway dengan cara-cara yang dijabarkan dalam video di akun TikTok “raffiahmad_bagibagii”.

Kesimpulan

Akun TikTok “raffiahmad_bagibagii” dan seluruh unggahannya adalah konten tiruan (impostor content), merupakan modus penipuan yang mencatut nama artis.

(Ditulis oleh Vendra Panji)